SOLID GOLD BERJANGKA JAKARTA – Karena tujuan utama sebuah proses negosiasi adalah kesepakatan yang menguntungkan atau Hot Deals. Bagi semua pihak yang terlibat negosiasi, ada setidaknya 4 FAKTOR UTAMA atau kita sebut sebagai 4 KUNCI yang wajib diperhatikan dan dimiliki oleh para negosiator, atau siapapun anda yang terlibat didalam proses negosiasi.

TIME atau Waktu adalah varibel pertama yang mempengaruhi jalannya proses negosiasi dan menentukan hasil akhir dari proses tersebut. Waktu di sini termasuk adalah tenggat waktu yang dimiliki oleh semua pihak yang berkepentingan dalam negosiasi. Penting untuk diingat bahwa waktu disini juga bermakna tenggat waktu yang diberikan oleh para pemangku kepentingan dari subjek atau perkara yang sedang dinegosiasikan, meskipun mereka tidak terlibat secara langsung dalam proses negosiasi itu.

Oleh sebab itu, berkaitan dengan waktu para negosiator perlu tahu dengan persis timeline atau batas waktu yang dimiliki, juga urutan serta agenda yang akan menjadi bahan untuk proses negosiasi. Jika negosiator tidak awas dan waspada dengan waktu, maka akan berisiko negosiasi yang dilakukan sia-sia karena telah melewati tenggat waktu yang diinginkan oleh pihak mitra negosiasi atau para pemangku kepentingan yang memiliki hajat dengan hasil negosiasi.

INFORMATION atau Informasi adalah data-data yang diperlukan dalam proses negosiasi tersebut. Ini adalah kunci kedua, pada kunci yang kedua ini penting diperhatikan bahwa akurasi dari data-data yang ada akan menentukan hasil dari negosiasi tersebut. Upayakan anda mendapatkan data primer yang paling up to date dan tentu harus valid alias benar adanya. Jika data primer tidak bisa kita dapatkan, anda juga bisa menggunakan data sekunder dengan memaksimalkan beberapa informasi dari berbagai macam media.

Namun data sekunder memiliki kelemahan dari aspek validitasnya yang rendah dan terkadang kurang up to date. Data sekunder bisa dipertimbangkan juga sebagai preview atau pintu masuk awal untuk mencari data primer atau data langsung dari sumber pihak-pihak yang akan bernegosiasi dengan kita.

BARGAINING POWER atau Kekuatan dari posisi tawar menawar yang dimiliki oleh mitra negosiasi. Kunci ketiga ini saya yakin Anda semua sudah sangat familier, namun tidak ada salahkan kita kupas. Bargaining Power di sini juga termasuk posisi tawar menawar yang kita miliki yang akan menentukan seberapa berani kita akan memaksimalkan posisi kita dalam bernegosiasi.

Posisi tawar dikatakan sebagai salah satu faktor kunci kesuksesan sebuah proses negosiasi disebabkan posisi tawar terbukti secara nyata mempengaruhi perilaku dan sikap pihak mitra negosiasi. Faktor bargaining power paling umum tampak dominan perannya pada negosiasi dalam kondisi perang atau konflik. Mereka yang memiliki posisi tawar yang kuat cenderung akan secara agresif menguasai jalannya negosiasi begitu juga dengan hasil yang dicapai, semaksimal mungkin merebut apa yang menjadi tujuan utama yaitu memenangkan negosiasi.

Berkaitan dengan faktor ini, seorang negosiator atau tim negosiasi mutlak melakukan kalibrasi untuk mengetahui posisi tawar masing-masing pihak yang terlibat proses negosiasi. Kalibrasi bisa dilakukan dengan mengacu kepada faktor kedua yaitu mengumpulkan dan menganalisa sebanyak mungkin informasi yang berkaitan dengan subyek dan obyek dalam proses negosiasi.

KNOWLEDGE, SKILL, ATTITUDE atau Pengetahuan, Keahlian, dan Sikap yang harus ada pada setiap negosiator atau mereka yang melaksanakan proses negosiasi, sering disingkat sebagai KSA. Pada hakikatnya KSA ini tidak hanya digunakan atau diperlukan oleh para negosiator namun semua orang yang berkarir dan atau berwirausaha patut memiliki KSA agar mereka sukses paripurna. Dalam kajian kita kali ini tidak secara spesifik akan kita bahas KSA apa saja yang secara langsung berpengaruh dan berdampak pada kinerja negosiator untuk menghasilkan sebuah Hot Deals! Yang benar-benar Hot!

Kita akan bahas KSA tersebut secara lebih komprehensif pada bagian Negotiation Skill, maka harap bersabar kita akan segera menuju ke kajian tersebut di edisi minggu depan. Maka sebagai suatu kesimpulan, 4 Kunci Negosiasi diatas wajib “dipegang” oleh siapapun yang berkepentingan dalam proses Negosiasi, agar berjalan dengan relatif mudah dan cepat menghasilkan kesepakatan yang menguntungkan semua pemangku kepentingan.

Di samping kita mengetahui serta memahami Key Success Factor of Hot Deals perlu juga kiranya kita bahas mengenai aneka tantangan, rintangan serta problem yang senantiasa hadir saat proses Negosiasi dilakukan. Hal ini sangat krusial agar anda dan tim negosiasi yang Anda pimpin sanggup melakukan antisipasi serta tindakan preventif yang diperlukan, baiklah sampai disini kajian Negotiation Skill Series, sampai bertemu di edisi minggu depan – SOLIDGOLD BERJANGKA

Sumber