SOLID GOLD BERJANGKA JAKARTA – Sedikit demi sedikit, kepopuleran game konsol mulai tergerus oleh game mobile. Alasan utamanya jelas, game mobile bisa dimainkan dengan mudah di smartphone hingga tablet.

Nah, kepuasan bermain game mobile pun ditentukan oleh si gadget sendiri. Kombinasi performa dapur pacu hingga kualitas layar smartphone sangat mempengaruhi pengalaman bermain game.

Misalnya, layar harus tajam, terang, dan jernih, hardware harus cukup kuat untuk menjalankan game 3D intensif tanpa lag, baterai perlu tahan selama mungkin dan mengisi ulang secepat mungkin. Dan yang paling penting, semua akan sia-sia jika game terbaru yang bermunculan tidak bisa dimainkan hanya karena sistem operasi (OS) belum kompatibel.

Untuk mendapatkan kepuasan maksimal untuk bermain game mobile tersebut, anda bisa menggunakan 5 smartphone ini :

1. LG G4

Layar LCD lebar LG G4 dibekali dengan teknologi Quad-HD dengan kerapatan 538ppi dan resolusi 1440 x 2560 piksel. Menurut LG, pihaknya juga menambahkan teknologi IPS Quantum untuk membuat layar G4 menghasilkan warna 20 persen lebih ketimbang jenis layar lain, misalnya AMOLED milik Samsung.

Beralih ke sektor dapur pacu, LG G4 hadir dengan prosesor Snapdragon 808 berinti 6 dengan arsitektur 64-bit. Pemakaian Snapdragon 808 sekaligus membantah rumor selama ini yang menyatakan G4 memakai Snapdragon 810, yang sering diklaim sebagai prosesor gadget terbaik di dunia.

Namun, tidak usah terlalu khawatir akibat absennya Snapdragon 810, sebab LG menambahkan RAM 3GB untuk mendongkrak performa Snapdragon 808. Sayangnya, baterai G4 masih sama dengan G3, yakni 3000mA.

2. Acer Predator 6

Oleh banyak website di dunia maya, Acer Predator 6 disebut sebagai smartphone-nya gamer. Tidak berlebihan memang, sebab smartphone ini hadir dengan prosesor deca-core (inti 10) dari MediaTek, lengkap dengan RAM 4 GB!

Di sektor tampilan, Acer membekali smartphone gamingnya dengan layar 6 inci beresolusi HD. Sebagai pelengkap, terdapat pula empat buah pengeras suara dan teknologi getar ‘haptic’, mirip milik Apple, yang bisa mengubah Acer Predator 6 layaknya konsol game asli.

3. Samsung Galaxy S6

Galaxy S6 dilengkapi layar 5.1-inci Super AMOLED dengan resolusi 1440 oleh 2560 piksel (qHD) dan kerapatan layar 577ppi. Sehingga sangat cocok untuk bermain game 3D dengan jangkauan warna lebih maksimal.

Bahkan, sebelum munculnya Sony Xperia Z5 Premium, layar Galaxy S6 tercatat sebagai layar paling tajam dalam industri mobile.

Kualitas layar Galaxy S6 disempurnakan oleh dukungan perangkat keras internal yang paling kuat yang tersedia di setiap smartphone, misalnya prosesor Exynos 7420 dipasangkan dengan RAM 3GB.

4. Samsung Galaxy S6 Edge+

Galaxy S6 Edge+ tergolong smartphone yang sesuai untuk pengguna yang mengutamakan aspek multimedia, termasuk game.

Dengan layar lengkung 5,7 inchi Quad HD Super AMOLED, Galaxy S6 edge+ memberikan pengalaman terdepan yang lebih besar untuk memberikan pengalaman gaming yang berkesan.

Selain layar jumbo, smartphone ini juga dibekali chip tercanggih yaitu Exynos 7420 SoC dengan prosesor octa-core 2,1 GHz yang didukung oleh RAM 4GB dan kartu grafis Mali-T760MP8. Sehingga, aktifitas gaming ‘berat’ sekalipun di smartphone ini dipastikan lebih responsif dan lancar tanpa lagi.

5. iPhone 6s Plus

Meskipun memiliki tipe layar yang sama dengan iPhone 6s, LCD IPS, layar 5,5 inci iPhone 6s Plus beresolusi lebih tinggi dari iPhone 6s Plus, yaitu 1080 x 1920 piksel.

Kerapatannya juga demikian, mencapai 401ppi. Tingginya resolusi dan kerapatan layar membuat iPhone 6s Plus mampu menampilkan gambar yang lebih tajam, tegas, dan jernih dari si ‘adik’.

Seperti saudara jauhnya iPad Pro, iPhone 6s Plus dipersenjatai dengan prosesor A9. Menurut Apple, prosesor ini mampu meningkatkan kecepatan pemrosesan data hingga 70 persen (CPU) dan peningkatan kecepatan kartu grafis hingga 90 persen dibanding prosesor A8 milik iPhone 6. Alhasil, game-game yang masih terasa ‘ngelag’ saat dimainkan di iPhone 6, bisa lebih mantap dimainkan di gadget satu ini – SOLIDGOLD BERJANGKA

Sumber