SOLID GOLD BERJANGKA JAKARTA – Kesibukan karier menjadi salah satu penghalang orang kantoran untuk rutin berolahraga. Hal tersebut tentu membahayakan kesehatan terlebih jika mereka lebih banyak duduk saat kerja. Menyempatkan waktu untuk ‘mengeluarkan keringat’ memang tidak selalu mudah untuk para pegawai. Lalu bagaimana caranya karyawan bisa menyempatkan diri untuk olahraga agar tubuh selalu prima dan terhindar penyakit? Intip lima tipsnya berikut ini yang dilansir Huffington Post:

1. Olahraga di Perjalanan
Rasa lelah dan stres terhadap pekerjaan membuat orang enggan berolahraga. Banyak pula yang tidak punya waktu untuk pergi ke gym karena tuntutan karier mereka. Jika begitu, bagaimana dengan latihan selagi dalam perjalanan menuju kantor? Misalnya saja dengan bersepeda atau berlari menuju tempat kerja. Selain sehat, Anda juga bisa lebih menghemat biaya transportasi.

Hal ini mungkin mustahil dilakukan untuk orang yang rumahnya jauh dari perusahaan tempatnya bekerja. Namun bukan berarti Anda benar-benar tidak bisa berolahraga dalam perjalanan. Agar tubuh tetap banyak gerak, cobalah untuk naik kendaraan umum. Berganti-ganti kendaraan bisa membuat tubuh tetap prima meski jarang latihan.

2. Naik Tangga
Saat sampai kantor, jika bisa hindarilah menuju ruangan Anda dengan menggunakan lift. Manfaatkan tangga sebagai bentuk olahraga kecil. Agar tidak malas atau bosan, buat aktivitas tersebut menjadi lebih menyenangkan. Yaitu dengan menghitung berapa tangga yang bisa Anda naiki lalu kaitkan pembakaran kalori.

3. Berbincang Jalan
Butuh meeting atau briefing singkat dengan rekan? Dari pada hanya duduk manis, coba lakukan sambil berjalan. Sediakan waktu maksimal 10 menit untuk berbincang sambil berjalan dengannya. Anda bisa mengajaknya berkeliling area kantor atau sambil menuju kantin favorit. Tak hanya bisa menunjang kesehatan, cara ini juga dapat menyegarkan pikiran bahkan mendatangkan ide baru.

4. Ambil Kelas
Kurang bergerak bisa menyebabkan kegemukan dan memicu berbagai penyakit. Untuk Anda yang sudah merasakan akibat negatifnya, paksakan diri untuk ambil kelas olahraga. Dengan begitu, Anda bisa lebih termotivasi untuk latihan karena dilakukan bersama-sama. Andapun akan lebih segan untuk bolos olahraga karena sudah membayar kelas itu di muka.

5. Ajak Rekan
Coba tanyakan pada rekan-rekan kantor lainnya apakah mereka merasa kesulitan untuk olahraga. Jika begitu coba ajak mereka untuk berolahraga bersama. Sewa seorang instruktur untuk melatih Anda dan teman-teman kantor latihan. Carilah jenis olahraga yang menyenangkan untuk dilakukan ramai-ramai, misalnya aerobik atau zumba. Lakukan aktivitas itu di hari atau waktu yang biasanya Anda tidak terlalu sibuk – SOLIDGOLD BERJANGKA

Sumber