SOLID GOLD BERJANGKA JAKARTA – Daya tahan tubuh si kecil memang belum sempurna sehingga mudah jatuh sakit. Tapi anda pernah menemui anak-anak yang jarang sakit bukan? Ternyata ada enam tips rahasia yang membuat mereka tidak mudah terkena virus maupun bakteri penyebab sakit.

Berikut enam tips kebiasaan agar anak anda jarang sakit :

1. Rajin cuci tangan
Sering mencuci tangan bisa mencegah, terutama sebelum dan sesudah makan serta usai dari kamar mandi misa mengurangi aneka penyakit pernapasan dan pencernaan.

2. Aktif bergerak
Biarkan si kecil lari kesana kemari, hal ini akan membuat tubuhnya aktif bergerak. Beberapa studi menunjukkan olahraga ringan secara teratur bisa menurunkan flu dan demam pada anak hingga 20-25 persen. Hal ini disebabkan karena sirkulasi sel yang meningkat untuk melawan infeksi yang menyerang tubuh. “Olahraga lebih baik daripada mengobati bukan,” terang penulis buku Germ Proof Your Kids, dr. Harley Rotbart, MD.

3. Tidur cukup
Pastikan si Kecil istirahat cukup dan tidur tidak larut malam. Kekurangan tidur bisa meningkatkan risiko terkena batuk dan flu seperti diungkapkan dokter Rotbart. Waktu tidur bayi sekitar 14 jam/ hari, sedangkan untuk anak usia pra sekolah sekitar 11-13 jam per hari.

4. Hindari memegang wajah
Virus penyebab batuk dan flu masuk ke tubuh melalui hidung, mata dan mulut. Oleh karena itu pastikan si kecil tidak suka memasukkan atau mengusap area wajah. Pastikan juga untuk membiasakan si Kecil rajin mencuci tangan menggunakan sabun untuk menghentikan lajur penyebaran kuman dan bakteri.

5. Makan aneka macam makanan sehat
Sajikan makanan dalam piringya dengan aneka warna makanan, pastikan ia makan banyak sayur dan buah untuk meningkatkan sistem daya tahan tubuh. Konsumsi juga makanan kaya Vitamin C dan D. Jangan lupa yogurt untuk meningkatkan sistem pencernaan yang berdampak pada kesehatan tubuh secara keseluruhan.

6. Vaksin flu
Cegah si kecil dari flu dengan vaksin flu. Coba tanyakan ke dokter anak bagaimana mendapatkan vaksin ini – SOLIDGOLD

(http://health.liputan6.com/)