SOLID GOLD BERJANGKA JAKARTA – Ketika berada dalam situasi dengan taruhan yang tinggi di tempat kerja, misalnya akan melakukan wawancara kerja atau presentasi penting, anda menjadi mudah merasa terintimidasi. Tapi sebaiknya anda tidak mudah merasa tak berdaya.

Ada banyak cara untuk meningkatkan kepercayaan diri supaya penampilan anda pun terlihat baik. Ada tujuh tips mencapai hal itu :

1. Berpose yang kuat

Sebuah riset menunjukkan, mengadopsi bahasa tubuh orang-orang hebat bisa membuat anda merasa lebih bertenaga. Misalnya, beberapa menit sebelum wawancara kerja, cobalah berpose seperti Wonder Woman yang khas dengan gaya tangan di pinggangnya dan mulut yang mengatup kencang.

2. Dengarkan musik dengan suara bas yang kencang

Saatnya anda membuat daftar musik yang membangkitkan semangat. Sebuah studi mengatakan, para murid yang mendengarkan lagu “We Will Rock You” merasa lebih percaya diri ketimbang lagu “Who Let the Dogs Out?”. Hal ini terjadi karena lagu yang pertama memiliki suara bas lebih keras.

3. Berpakaian yang rapi

Tren pakaian kerja semakin lama terlihat semakin kasual. Tapi tak ada salahnya mencoba berpakaian lebih formal. Ada sebuah studi yang menunjukkan, pencari kerja akan merasa lebih bisa berpikir terbuka dalam wawancara kerja ketika memakai baju formal ketimbang kasual.

4. Berbicara dalam nada rendah

Merendahkan nada suara dapat membuat anda merasa lebih berkuasa dan percaya diri. Murid di kelas yang membaca buku dalam suara rendah lebih terdengar dominan dan aktif ketimbang yang suaranya keras, normal, atau tidak bersuara sama sekali.

5. Pakailah parfum

Sebuah studi menunjukkan, pria yang memakai deodoran wangi sebelum bekerja merasa lebih percaya diri ketimbang yang menggunakan deodoran tidak berbau atau tidak memakainya sama sekali. Hal ini seperti iklan para wanita yang terhipnotis seorang pria karena memakai deodoran yang harum.

6. Lakukan ritual personal

Sebuah ritual, misalnya meditasi atau olahraga pagi, dapat menurunkan kelelahan dan meningkatkan kepercayaan diri sebelum menghadapi tekanan tingkat tinggi di kantor.

7. Tulis kapan anda merasa percaya diri dan punya kendali

Tulislah kapan anda merasa ada perubahan positif dalam hidup anda. Sebuah studi menunjukkan, murid yang menuliskan kapan ia merasa percaya diri memiliki status lebih tinggi dan berpengaruh di sekolah ketimbang yang menulis soal kesedihan dan ketidakberdayaannya – SOLIDGOLD BERJANGKA

Sumber