SOLID GOLD BERJANGKA JAKARTA – Bagi sebagian traveler yang masih sekolah, mendapat izin untuk liburan sendiri cukup susah. Tapi ada 7 langkah untuk dapat izin orangtua agar bisa liburan. Yuk cari tahu!

Semua orangtua pasti khawatir anaknya pergi sendiri tanpa pengawasan mereka. Namun dengan pendekatan yang benar, kamu bisa kok mendapat izin dan restu mereka untuk pergi liburan. Inilah 7 tips agar dapat izin liburan :

1. Bilang dari jauh hari

Jarang orangtua yang senang dengan rencana dadakan. Apalagi jika menyangkut liburan sendiri tanpa pantauan orangtua. Maka dari itu, pastikan kamu memberi tahu rencana dari jauh-jauh hari.

Misal hari ini belum diberi izin, toh kamu masih punya banyak waktu untuk merayu dan meyakinkan mereka. Siapa tahu hati mereka meluluh dan kemudian mengizinkan kamu pergi liburan bersama teman-teman.

2. Bicara dengan lemah lembut

Mungkin pertama kali mendengar kamu ingin liburan sendiri, orangtua mungkin ada penolakan. Nah, salah satu yang menggagalkan liburan adalah cara menjawab kamu.

Kesal sudah tentu, tapi jangan balas dengan nada tinggi atau malah marah-marah. Bicaralah baik-baik dan lemah lembut. Yakinkan orangtua kalau kamu ingin belajar mandiri dan pastikan kamu tidak membuat masalah selama liburan.

3. Jelaskan detil liburan dan pastikan aman

Hanya asal menyebut tujuan liburan tanpa menjelaskan aneka kegiatannya akan sulit membuat kamu dapat izin. Cobalah untuk menjelaskan detil liburan yang akan kamu lakukan.

Mulai dari kota pilihan, jenis penginapan, pergi dengan siapa, hingga aneka kegiatan yang rencananya ingin dilakukan selama liburan. Kamu juga harus bisa menjelaskan bahwa liburan yang kamu persiapkan itu aman. Jika sudah mengetahui semua informasi tersebut, orangtua bisa yakin dan memberi izin.

4. Pergi beramai-ramai

Semakin banyak teman yang turut pergi liburan, semakin percaya orangtua. Agar lebih mudah dapat izin, pergilah beramai-ramai.

Jangan lupa untuk menyebutkan siapa saja yang akan turut serta liburan. Serta, berikan daftar telepon mereka agar orangtua bisa leluasa menghubungi kamu selama liburan.

5. Rajin bantu orangtua

Memang ini suatu tindakan yang klise. Tapi bisa membantu kamu mendapat izin lho. Dengan rajinnya kamu membantu orangtua di rumah, mereka bisa tahu betapa inginnya kamu pergi liburan.

Selama beberapa waktu, mereka akan memperhatikan perubahan sikapmu dan siapa tahu izin liburan akan datang. Selain dapat pahala, membantu orangtua juga bisa memudahkan izin. Tapi setelah liburan tetap rajin membantu orangtua ya!

6. Jangan minta uang terlalu banyak

Kamu tidak tahu bagaimana keadaan uang orangtua. Bisa jadi kamu tidak diberi izin pergi liburan karena mereka sedang tak punya uang. Apalagi setelah mendengar betapa banyak uang yang diminta, makin tak mungkin dapat izin.

Salah satu caranya adalah jangan terlalu banyak meminta uang untuk pergi liburan. Susun pengeluaran dan pastikan kamu menggunakan uang tabungan juga jika ingin liburan sendiri. Jadi tidak terlalu memberatkan orangtua kan.

7. Jangan berbohong

Seringnya, kamu akan membuat sederet janji manis agar orangtua mau menuruti kemauan. Jangan sekadar mengucap janji lalu melupakannya setelah dapat izin. Jangan berbohong terkait dengan rencana liburan kamu.

Pastikan kamu selalu menepati janji yang sudah dibuat demi mendapat izin liburan. Pastikan kamu memberikan kabar yang sesungguhnya ketika di dalam perjalanan. Dengan begitu, orangtua bisa yakin dengan keseriusan kamu. Ini penting untuk mendapat izin-izin selanjutnya – SOLIDGOLD

(http://travel.detik.com/)