solid-goldberjangka.com – Obesitas masih menjadi momok di sejumlah negara maju dan berkembang, seperti Amerika, Inggris dan Indonesia. Pola konsumsi yang salah menjadi pemicu obesitas.

Berikut daftar makanan yang membuat cepat gemuk :

1. Keripik Kentang
Satu ons keripik kentang memiliki 152 kalori dan 10 gram lemak (tiga gram lemak jenuh). Jika Anda makan hanya tiga ons seminggu, dalam satu tahun Anda akan mengkonsumsi 23.400 kalori dan hasilnya, lingkar pinggang Anda akan semakin melebar. Mulai sekarang, Anda bisa menggantinya dengan popcorn rendah gula atau kue gandum.

2. Krim
Jika Anda penyuka cupcake, Anda pasti tergoda dengan cream topping yang manis dan tentunya enak. Satu sendok makan topping ini senilai 32 kalori. Ganti topping cupcake Anda dengan yoghurt rendah lemak.

3. Donat

Donat rata-rata mengandung 300 kalori, 28 gram karbohidrat dan 19 gram lemak, termasuk 5 gram lemak jenuh dan 4 gram lemak trans. Padahal, hanya 30% dari kalori kita harus berasal dari lemak, demikian menurut American Heart Association. Itu hanya sekitar 65 gram dalam makanan sehari-hari. Anda bisa mengganti donat dengan bagel yang kaya biji-bijian.

4. Fettucini
Anda penyuka masakan Italia satu ini? Pasta yang kaya mentega, krim dan keju permesan ini memang sangat enak. Tetapi, satu porsi fettucini (3 ons) mengandung 543 kalori dan 33 gram lemak (19 gram diantaranya lemak jenuh). Anda masih bisa menikmati fettucini, asalkan ganti bahan pokoknya dengan gandum atau bayam.

5. Sosis
Sosis memang olahan daging yang sangat nikmat, tetapi juga kaya lemak dan kalori. Ganti sosis dengan ayam yang hanya memiliki 100 kalori dan 8 gram lemak.

6. Ayam Goreng
Ayam memang baik untuk tubuh, tetapi jika Anda penyuka ayam goreng, ini bisa jadi masalah. Sepotong ayam goreng bagian dada memiliki hampir 400 kalori dan 22 gram lemak. Nah, sudah saatnya Anda menggantinya dengan ayam panggang yang kaya rempah-rempah, dan hanya mengandung 189 kalori.

7. Kentang Goreng
Kentang goreng kemasan besar yang banyak tersedia di aneka gerai makanan cepat saji berisi sekitar 570 kalori, setengah darinya berasal dari lemak. Anda bisa menggantinya dengan kemasan lebih kecil, tetapi tidak terlalu sering mengkonsumsinya. Atau, tempe yang digoreng dengan minyak zaitun kaya akan protein, serat, zat besi, magnesium, seng dan vitamin B6 yang bisa menjadi alternatif pengganti kentang goreng.

8. Roti Tawar
Roti tawar bisa mengandung sekitar 65 kalori dan minim nutrisi. Tidak heran jika Anda menjadi cepat lapar jika hanya mengkonsumsi roti. Ada baiknya, Anda mulai menggantinya dengan roti tawar gandum yang baik untuk jantung dan kaya nutrisi, seperti selenium, magnesium dan kalium.

(inilah.com)