solid-goldberjangka.com – Bekerja keras demi mencapai kesuksesan dalam berkarir seringkali dibayangi dengan tekanan yang cukup kuat. Semakin keras Anda bekerja, perasaan stres semakin kuat mendera.

Tapi tahukah Anda, ada beberapa pekerjaan dengan tawaran gaji sangat menggiurkan tapi tak bikin stres. Pakar informasi karir Laurence Shatkin mencoba menelusuri sejumlah profesi dengan tingkat stres rendah yang ternyata dapat menghasilkan gaji tinggi. Shatkin membandingkan rata-rata gaji dan tingkat tekanan kerja dari 767 pekerjaan dengan kategori tersebut.

Data 767 pekerjaan bergaji tinggi dengan tingkat stres yang rendah diperolehnya dari Departemen Tenaga Kerja Amerika Serikat (AS). Dia mengukur tingkat tekanan kerjanya dengan menggunakan skala 0-100, yang disebut sebagai nilai toleransi stress. Semakin tinggi nilai toleransi stres suatu pekerjaan, maka semakin rendah tekanan pekerjaannya dan berlaku sebaliknya.

Berikut 8 pekerjaan bergaji tinggi dengan tekanan kerja yang ringan :

1. Perawat Gigi

Nilai toleransi stres: 71,3

Pendapatan per tahun: US$ 70.210 atau setara Rp 799,9 juta

Kegiatan: Perawat gigi bertugas membersihkan gigi, memeriksa kesehatan gigi pasien dan memberikan tindakan-tindakan pencegahan serta perawatan dalam mulut lainnya.

Persyaratan pendidikan: lulusan sekolah menengah atau universitas yang berkaitan dengan kesehatan gigi serta memiliki izin praktik.

2. Teknisi

Nilai toleransi stres: 69,5

Pendapatan per tahun: US$ 92.030 atau setara Rp 1,04 miliar

Kegiatan: Para teknisi bekerja dengan menggunakan ilmu pengetahuan matematis untuk melahirkan rumusan solusi tepat guna atas berbagai masalah yang muncul

Persyaratan pendidikan: Sarjana

3. Penulis Intruksi Manual

Nilai toleransi stres: 69,3

Pendapatan per tahun: US$ 65.500 atau setara Rp 746,2 juta

Kegiatan: Menulis sejumlah instruksi manual dan dokumen lainnya pada peralatan elektronik modern.

Persyaratan pendidikan: Sarjana

4. Penata Artistik

Nilai toleransi stres: 69

Pendapatan per tahun: US$ 80.880 atau setara Rp 921,4 juta

Kegiatan: Penata artistik bertanggung jawab mengatur tampilan visual dan penempatan gambar di majalah, surat kabar, kemasan produk, atau program di sejumlah stasiun televisi.

Persyaratan pendidikan: Sarjana atau berpengalaman di bidang yang sama.

5. Audiologis

Nilai toleransi stress: 67,5

Pendapatan per tahun: US$ 69.720 atau setara Rp 794,3 juta

Kegiatan: Memeriksa pendengaran pasien dan mendiagnosa gangguan pendengaran yang dialami pasien dengan menggunakan prosedur tertentu serta peralatan canggih.

Persyaratan pendidikan: lulusan S2 dan memiliki izin praktik

6. Ahli Kacamata

Nilai toleransi stres: 67

Pendapatan per tahun: US$ 186.320 atau setara Rp 2,1 miliar

Kegiatan: Setelah memeriksa masalah dan penyakit mata yang dapat mengganggu ketajaman penglihatan pasien, para ahli kacamata menentukan dan membuat lensa yang tepat.

Persyaratan pendidikan: Sarjana, mengikuti program Doctor of Optometry selama empat tahun dan memiliki izin praktek dari negara

7. Manajer Sistem Informasi & Komputer

Nilai toleransi stres: 64,3

Pendapatan per tahun: US$ 120.950 atau setara Rp 1,3 miliar

Kegiatan: Profesi ini menentukan tujuan penggunaan teknologi informasi di sebuah perusahaan dan bertanggung jawab menerapkan sistem komputerisasi yang tepat untuk membantu kelancaran bisnis perusahaan

Persyaratan pendidikan: Sarjana

8. Ekonom

Nilai toleransi stres: 63,3

Pendapatan per tahun: US$ 91.860 atau setara Rp 1,04 miliar

Kegiatan: para ekonom mempelajari dan mengamati sumber distribusi dan produksi, produk serta jasa.

Persyaratan pendidikan: Sarjana

(liputan6.com)