SOLID GOLD BERJANGKA JAKARTA – Bantal merupakan salah satu perlengkapan tidur bayi yang sebaiknya tidak dibeli dulu. Tunggu hingga sang anak berusia dua atau tiga tahun. Para ahli, mengatakan, ada baiknya untuk membiarkan sang anak tidur tanpa bantal, setidaknya sampai dia berulangtahun yang pertama.

Menurut para peneliti, tidak dianjurkannya bayi untuk tidur menggunakan bantal karena bantal menyimpan sejumlah bahaya seperti yang tertera di bawah ini :

1. Sindrom kepala datar

Orangtua harus memahami, bila sang jabang bayi tidur terlalu lama menggunakan bantal yang lembut, berisiko timbulnya perubahan bentuk kepala bayi yang masih lunak. Kondisi seperti inilah yang dapat mengubah bentuk kepala bayi menjadi gepeng di satu sisi, yang dikenal dengan sindrom kepala datar.

2. Kehilangan napas

Terdengar mengerikan, tapi sejumlah benda seperti bantal yang diletakkan di tempat tidur bayi, dapat membuatnya tidak nyaman,  yang dapat menimbulkan kecelakaan saat benda tersebut menutup saluran napasnya.

3. Kepanasan

Sarung bantal juga dapat menimbulkan masalah. Bila sarung bantal terbuat dari bahan poliester yang panas, berdampak pada tidak nyamannya bayi tersebut.

4. Keseleo

Ketika bayi tidur dalam waktu yang lama, bantal dapat menyebabkan keseleo di leher. Memang, hal semacam ini tidak akan terjadi bila bantal dirancang dengan sangat baik, tapi sebagian besar bantal bayi tidak dirancang sedemikian rupa – SOLIDGOLD

(http://health.liputan6.com/)