solid-goldberjangka.com – Majalah Travel+Leisure yang berbasis di New York, Amerika Serikat, menobatkan Bali sebagai pulau terbaik di Asia.

Travel+Leisure menilai keindahan alam pantai, ragam kegiataan, ragam restoran dan jenis makanan, keramahan masyarakat dan value for money.

Karena selalu masuk peringkat 10 besar kategori best island in the world selama enam tahun berturut-turut, Bali juga mendapatkan penghargaan Hall of Fame World’s Best Award.

Untuk tingkat dunia, tahun ini Bali menduduki peringkat kelima, kalah dari Kepulauan Hawai, dan Pulau Santorini, Yunani. Pada 2013, Bali hanya menduduki peringkat ketiga pulau terbaik di Asia.

Penghargaan tersebut diserahkan kepada Pemprov Bali oleh kalangan pelaku wisata di Kantor Gubernur Bali di Denpasar. Menurut Ketua Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) Bali IB Ngurah Wijaya, sebetulnya penghargaan itu diraih pada 24 Juli, tetapi baru diserahkan sekarang ke Pemprov Bali.

Dia menegaskan bahwa penghargaan itu bentuk apresiasi dunia terhadap Bali.

“Dengan penghargaan ini maka sudah menjadi tugas bersama untuk menjaga Bali, karena pihak luar sudah mengakuinya,” katanya usai menyerahkan plakat penghargaan kepada Wakil Gubernur Bali Ketut Sudikerta,.

Wijaya mengajak semua pihak berkomitmen menjaga budaya dan wisata Bali agar tidak semakin rusak. Dia juga meminta peran serta pemerintah dan pelaku pariwisata untuk menjaga kekayaan tersebut melalui alokasi promosi wisata dari APBD.

Sudikerta menyatakan penghargaan itu menunjukkan bahwa kalangan pariwisata berkomiten memajukan pariwisata. Dia meminta agar pelaku pariwisata membangun industri dengan baik. Secara khusus mantan wakil bupati Badung ini meminta semua pihak menjaga keamanan yang sangat mempengaruhi perkembangan industri pariwisata.

(dnaberita.com)