solid-goldberjangka.com – Dalam konferensi yang berlangsung di Kairo, negara-negara donor sepakat menghimpun US$5,4 miliar untuk Palestina dan setengah diantaranya untuk membangun kembali Gaza walau tidak ada rincian tentang penggunaan lainnya.

Dan kunjungannya, Sekjen PBB itu dibawa ke puing-puing di kawasan Shejaiya dan tempat penampungan pegungsi Jabaliya, yang menjadi sasaran seragan Israel.

Ban Ki-Moon mengatakan kerusakan akibat konflik kelompok militan Hamas dengan Israel, Juli lalu, tidak bisa digambarkan.

Dia juga mengecam serangan meriam Israel atas sebuah sekolah milik PBB di Gaza, yang dijadikan warga Gaza untuk mengungsi. Serangan itu menewaskan setidaknya 15 orang dan melukai 200 orang lainnya.

Keluarga korban yang tewas maupun yang cedera dalam serangan itu membawa poster yang memperlihatkan para korban untuk menyambut kunjungan Ban ke sekolah tersebut.

“Saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengungkapkan duka saya yang paling dalam bagi mereka yang wafat dan juga kepada yang ditinggalkan,” tutur Ban.

Sebelumnya, saat menghadiri konferensi negara-negara donor untuk Gaza, Ban mengatakan bahwa kunjungannya ke Gaza untuk mendengar langsung dari warga.

(bbc.co.uk)