solid-goldberjangka.com – Sejumlah negara donor menjanjikan bantuan pembangunan ulang Jalur Gaza sebesar 5,4 milyar dolar AS atau sekitar Rp64,8 triltun.Janji tersebut disampaikan dalam konferensi di Kairo yang diselenggarakan untuk menggalang dana rekonstruksi Gaza yang rusak akibat serangan Israel pada Juli-Agustus lalu.

Qatar menjadi negara donor terbesar dengan bantuan senilai satu milyar dolar AS. Amerika Serikat akan mengalokasikan dana sekitar 212 juta dolar AS, Uni Eropa sebesar 450 euro, sementara Uni Emirat Arab dan Kuwait masing-masing 200 juta dolar AS.

Jumlah total bantuan tersebut melampaui permintaan Palestina yang memperkirakan pembangunan Gaza memerlukan sekitar 4 milyar dolar AS. Meskipun bantuan itu melampaui permintaan Palestina, muncul kekhawatiran Gaza akan kembali hancur karena peperangan kembali terulang.

Sekretaris Jenderal PBB, Ban Ki-moon menyatakan kekhawatiran tersebut saat dia mengatakan kepada peserta konferensi bahwa situasi di Gaza masih berpotensi untuk terjadi konflik.

Di sisi lain untuk mencegah terulangnya kembali konflik yang akan kembali menghancurkan Gaza, Menteri Luar Negeri Amerika Serikat John Kerry mendesak agar Israel dan Palestina untuk memperbarui upaya perdamaian yang sempat gagal pada tahun ini.

(antaranews.com)