solid-goldberjangka.com – Belasan pendaki berhasil dievakuasi setelah kelelahan di puncak Gunung Guntur, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Mereka ditemukan Minggu petang setelah tertahan di puncak selama hampir 24 jam.

Sebanyak 15 pendaki asal Jakarta itu juga terjebak cuaca buruk di puncak gunung sejak Sabtu 14 Juni 2014.

Tim SAR gabungan dari TNI, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut, Tim Vertikal Rescue Bandung, dan dibantu warga sekitar, dikerahkan untuk mencari para pendaki di gunung yang memiliki ketinggian 2.249 meter di atas permukaan laut (MDPL) tersebut.

Hujan lebat serta kondisi medan yang terjal cukup menyulitkan upaya pencarian dan evakuasi.

Usai dibawa ke bawah, belasan pendaki diangkut menggunakan mobil TNI menuju posko utama pencarian di Kompleks Korps Bela Negara Kodim 0611/Garut.

Salah seorang pendaki, Rian Hidayatullah, ditemukan dalam keadaan sakit. Ia langsung menjalani perawatan di Gedung Bela Negara.

Rian menuturkan, saat tiba di puncak gunung, ia sudah sesak nafas. Suhu dingin dan hujan lebat memperparah kondisinya. Bahkan ia tak bisa menggerakkan tubuhnya. Ia terpaksa tidur semalaman di tenda di bawah guyuran hujan sambil ditemani rekan-rekannya yang juga kelelahan dan kedinginan.

Kepala BPBD Garut, Didik Hendrajaya, mengatakan, pihaknya mendapat laporan bahwa ada 15 pendaki yang kelelahan di Gunung Guntur pada Minggu pagi. Menindaklanjuti laporan tersebut, pihaknya dibantu muspika setempat langsung melakukan operasi pencarian.

Sementara itu, Danramil Tarogong Kidul, Kapten (Inf) Sutopo, mengimbau kepada para pendaki agar terlebih dahulu melapor ke pos penjagaan sebelum berangkat ke puncak. Hal tersebut untuk mempermudah pelacakan jika terjadi kondisi darurat.

(okezone.com)