SOLID GOLD BERJANGKA JAKARTA – Pakar gizi Universitas Andalas Padang menyarankan agar kita mengonsumsi makanan yang bervariasi dan berimbang selama Ramadan agar pola makan sehat tetap terjaga. Berimbang artinya antara karbohidrat, protein dan lemak harus dalam proporsi yang baik, sedangkan bervariasi tidak mengonsumsi makanan dengan jenis yang sama setiap harinya terutama untuk buah-buahan dan sayur-sayuran.

Ia menerangkan berimbang artinya karbohidrat yang banyak sekitar 60%, lemak seperempat atau 25% dan protein 15%, tidak boleh lemaknya yang banyak atau proteinnya yang kurang. Jika memakan sumber karbohidrat seperti nasi dan kentang setiap harinya tidak diganti dengan sumber karbohidrat yang lain itu tidak ada masalah.

Makanan yang bervariasi terutama pada buah-buahan dan sayur-sayuran. Pada buah dan sayur terdapat vitamin dan mineral yang berfungsi memperlancar metabolisme tubuh. Jangan memakan sayur-sayuran dan buah-buahan yang sama setiap harinya, hal itu dikarenakan tubuh kita membutuhkan 60 sampai 70 jenis zat gizi dari vitamin dan mineral. Tidak semua sayur dan buah memiliki vitamin dan mineral yang lengkap, untuk itu kita harus makan bervariasi.

Untuk buah dan sayuran sebaiknya mengonsumsi lima porsi dalam seharinya. Kalau bisa beda-beda terdiri dari dua buah dan tiga sayur semakin banyak variasi semakin baik. Namun sebaiknya makan secukupnya dan tidak berlebihan.

Ketika berbuka puasa dimulai dengan yang manis sesuai yang disunatkan nabi, hal itu karena ketika berpuasa kadar gula dalam darah rendah karena seharian tidak makan. Terutama berasal dari buah-buahan seperti kurma dan semangka, tidak perlu harus sirup ataupun minuman yang mengandung gula berlebih.

Saat sahur harus memakan makanan yang bervariasi dan seimbang, agar daya tahan tubuh saat berpuasa tetap terjaga, serta yang terpenting adalah air. Minum air putih secukupnya sehingga tidak mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan ketika berpuasa. Tidak makan berlebihan, serta mensyukuri apa yang telah diberikan Allah SWT – PT SOLID GOLD BERJANGKA

Sumber : health.liputan6.com