Tips Cara Membangun StartUp

SOLID GOLD
SOLID GOLD

Solid Gold – Tips Cara Membangun StartUp

SOLID GOLD BERJANGKA JAKARTA – Membangun usaha baru atau start up dapat mencontoh beberapa perusahaan yang kini sudah mendunia seperti Apple, Google, Ritz Carlton dan sebagainya. Menurut Presiden New Light Learning and Development Inc, Shawn Doyle dalam artikelnya, perusahaan – perusahaan yang mendunia itu telah melakukan banyak hal dengan baik.

Namun, keunggulan terbesar yang membuat sukses adalah budaya perusahaan yang luar biasa. “Sebagai konsultan, saya telah menghabiskan waktu dengan banyak klien, membantu mereka membentuk dan membangun budaya perusahaan mereka. Saya percaya jika anda ingin menjadi lebih sukses anda harus membangun budaya,” kata dia. Berikut adalah enam cara untuk membantu membangun budaya perusahaan anda :

1. Pernyataan misi dan visi

Dasar dari kinerja organisasi anda adalah misi dan visi yang dideklarasikan oleh perusahaan. Ini adalah pernyataan tertulis yang menguraikan apa yang Anda percaya (misi) dan apa yang dituju (visi).

2. Berkomunikasi

Setelah mengembangkan misi dan visi yang jelas, anda perlu memiliki rencana komunikasi untuk semua orang. anda dapat melakukan ini melalui pertemuan kelompok, memanggil satu per satu dan email.

3. Mengembangkan standar operating procedure

Selanjutnya, anda harus mengembangkan standar perilaku atau SOP yang menggambarkan bagaimana misi dan visi akan dilaksanakan pada segi perilaku oleh karyawan khususnya standar untuk melayani klien atau pelanggan.

4. Melaksanakan pelatihan standar perilaku

Setelah ada standar yang tertulis, setiap orang perlu dilatih untuk melakukan hal tersebut. Perusahaan – perusahaan besar yang telah sukses mendunia seperti Apple juga secara berkala melatih staf sesuai standar mereka.

5. Beri reward dan punishment

Jika sudah memiliki standar perilaku, anda harus memperkuat konsistensi karyawan dengan menghadiahi mereka ketika mereka bekerja dengan baik. Sebaliknya, anda perlu memberi konsekuensi jika standar tersebut tidak diterapkan.

6. Review kinerja tahunan

Jika anda memiliki ulasan kinerja tahunan, anda perlu memberi mereka review mengenai misi, visi dan standar perilaku. Hal ini untuk mempertahankan budaya perusahaan ada di organisasi anda lantaran orang – orang hanya memperhatikan apa yang diukur dan dievaluasi – PT SOLID GOLD BERJANGKA

Sumber : economy.okezone.com

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*