SOLID GOLD BERJANGKA – Yuan China mulai sedikit melemah terhadap dolar AS pada hari Selasa, bergerak mundur dalam lima setangah tahun terakhir yang hit satu hari lebih awal, sebagai bank sentral mengisyaratkan niatnya untuk menjaga kestabilan mata uang melalui titik tengah terkuat dari yang di perkirakan.

The People`s Bank of China (PBOC), akan menahan diri untuk tidak intervensi guna mendukung yuan jatuh setelah pengumuman dari Brexit, seiring dengan kebijakan mereka untuk membiarkan pasar ikut menentukan yang lebih besar atas nilai tukar mata uang, kata para pedagang.

“Seandainya PBOC tidak mencoba untuk memandu yuan, memastikan itu relatif stabil, yuan akan sudah melemah ke dekat 6,7  atau 6,68 atau 6,69 per dolarnya.”

Sementara DXY indeks dolar turun tipis 0,5 persen pada sesi pagi di perdagangan Asia, itu berpindah tangan ke pada 6,6480 pada siang hari, atau 0,16 persen lebih kuat dari penutupan sebelumnya.

Sebelum pembukaan pasar, Bank Sentral menetapkan titik tengahnya pada 6,6528, di level terendahnya sejak bulan Desember 2010, dan 0,2 persen lebih lemah dari perbaikan sebelumnya di 6,6375, dan itupun masih lebih kuat dari harga pasar yang di harapkan.

Selasa pagi secara global, pasar keuangan terus di kecam setelah pemungutan suara yang menakjubkan bahwa Inggris telah memastikan untuk keluar dari Uni Eropa pada pekan lalu, dengan Sterling masih mendekam mendekati level terendahnya dalam lebih dari 30 tahun terakhir. – SOLID GOLD BERJANGKA