solid-goldberjangka.com – Bursa saham Asia menguat dengan indeks saham acuan regional positif pada awal pekan ini. Hal itu juga dipicu dari yen melemah karena data pertumbuhan Jepang memicu kepercayaan terhadap perekonomian global, dan mata uang emerging market yang naik.
Indeks MSCI Asia Pacific naik 0,2 persen pada pukul 09.56 waktu Tokyo. Indeks saham Jepang Topix dan Korea Selatan Kospi masing-masing naik 0,3 persen.

Sementara itu, indeks saham Jepang Nikkei naik 0,6 persen. Sedangkan indeks saham Selandia Baru turun 0,1 persen. Bursa saham Australia libur untuk memperingati hari ulang tahun Ratu Inggris.
Rilis revisi data ekonomi pertumbuhan Jepang memberikan sentimen ke bursa saham pada Senin pekan ini. Ekonomi Jepang tumbuh 6,7 persen pada kuartal I 2014. Angka ini lebih cepat dari perkiraan awal 5,9 persen, dan prediksi ekonomi di kisaran 5,6 persen.

Selain itu, rilis data ekonomi lainnya juga didorong dari data nonfarm payrolls Amerika Serikat (AS) yang bertambah 217 ribu pekerja pada Mei. Penguatan ekonomi AS ini memberikan sentimen positif untuk bursa saham.
“Pada dasarnya ekonomi global membaik. Hal ini benar-benar positif untuk saham. Selama inflai rendah dan kebijakan bank sentral mendukung, reli indeks saham akan terus berlanjut,” ujar Keith Poore, AMP Capital Investors Ltd, seperti dikutip dari Bloomberg, Senin (9/6/2014).

Sejumlah mata uang emerging market menguat hari ini. Ringgit naik 0,4 persen menjadi 3.1992 per dolar. Angka itu menyentuh level terkuat sejak 20 November. Sedangkan Won Korea Selatan naik 0,3 persen ke level 1.017,90 per dolar Amerika Serikat.
Sementara itu, yen melemah ke level 102,55 per dolar AS. Indeks Bloomberg Dollar Spot, indeks mata uang AS terhadap 10 mata uang utama sedikit berubah setelah naik 0,1 persen pada 6 Juni 2014.
Lalu sejumlah harga komoditas cenderung naik terutama harga minyak. Harga minyak mentah West Texas Intermediate naik 0,2 persen menjadi US$ 102,81 per barel. Sementara itu, harga minyak Brent berjangka naik 0,1 persen menjadi US$ 108,67.

(liputan6.com)