solid-goldberjangka.com – Bayi bernama Ghaffaruwaisy Faghazi Pramono, 11 bulan, telah didaftarkan sebagai calon jemaah haji dari Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur. Panjangnya daftar antrean haji yang bisa mencapai 18 tahun membuat masyarakat di daerah tersebut mendaftarkan anggota keluarganya sedini mungkin.

Ghaffaruwaisy, yang merupakan cucu Yudi Pramono, Kepala Sekolah Menengah Kejuruan I Bojonegoro, ternyata tidak sendirian. Berdasarkan data kantor Kementerian Agama setempat, masih ada 25 bayi yang juga sudah didaftarkan oleh orang tuanya.

Menurut Kepala Seksi Urusan Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama Bojonegoro Wakhid Mulyono, banyak pula anak usia di bawah 5 tahun dan 13 tahun yang telah tercatat sebagai calon jemaah haji.

Wakhid menyebutkan jumlah pendaftar calon haji di Bojonegoro kian meningkat. Sampai tahun ini saja, sudah 20 ribu orang mendaftar. Dengan demikian, bila dirata-rata, sekitar 1.050 per tahunnya. “Dengan realitas semacam ini, daftar tunggu haji di Bojonegoro bisa makin panjang. Bisa jadi lebih dari 18 tahun.”

(tempo.co)