SOLID GOLD BERJANGKA JAKARTA – Memiliki hutang adalah suatu hal yang membuat hidup kita menjadi kurang nyaman, karena setiap hari kita dipusingkan dengan tagihan-tagihan hutang yang semakin naik nominalnya. Awalnya mungkin anda berpikir dengan sedikit berhutang tidak masalah, yang penting dia bisa mendapatkan apa yang dia inginkan.

Seseorang yang memiliki hutang atau berhutang biasanya dikarenakan kebutuhannya terhadap sesuatu yang perlu atau pun tidak perlu yang dilakukannya tanpa memperhitungkan dengan lebih jauh. Ingatlah bahwa hutang memiliki bunga yang juga harus dipikirkan. Kebutuhan akan sesuatu benda ataupun jasa untuk menunjang kebutuhan kita memang harus dimiliki. Tapi sebagai orang yang belajar ekonomi, paling tidak, kita bisa memenuhi kebutuhan untuk diri sendiri saja terlebih dulu.

Anda harus bisa menentukan apakah hutang anda sanggup dilunasi nantinya atau malah sebaliknya. Namun, sebagian orang sering mengesampingkan hal ini dan berpikiran semua akan baik-baik saja, padahal ada banyak efek buruk yang bisa timbul dari berhutang. Apa saja efek buruk dari berhutang, jika anda tidak bisa mengelolanya?

1. Memiliki Hutang Berarti Tidak Memiliki Tujuan
Jika anda memilih untuk berhutang sebenarnya anda tidak memiliki tujuan. Anda bayangkan saat anda memutuskan untuk memiliki sesuatu dengan jalan berhutang, setiap bulannya nanti pendapatan anda akan terpotong untuk kewajiban hutang anda tersebut.

2. Hutang untuk Membayar Utang Lagi
Saat anda berada di situasi harus membayar hutang anda segera dalam jumlah yang cukup banyak, kemudian ada tawaran pinjaman lainya kepada anda saat itu juga, dengan nilai yang lebih tinggi, apa yang akan anda lakukan?. Kebanyakan orang yang merasa sedang terdesak dengan keadaannya yang harus segera melunasi hutang sebelumnya, akan mengambil keputusan untuk menerima pinjaman tersebut. mereka akan berpikir “yang penting ini lunas dulu”. Padahal setelah selesai masalah yang satu akan muncul lagi masalah tagihan hutang lainya yang bisa jadi jauh lebih besar. Ini bukan solusi bebas dari hutang.

3. Perubahan Mental Karena Berhutang
Istilah “banyak hutang kemudian kabur” bisa saja terjadi pada orang yang memang memiliki banyak hutang kepada lembaga keuangan tertentu dalam jumlah yang besar. Rasa tidak nyaman karena akan menerima tagihan hutang setiap bulannya, kemudian rasa takut kehilangan segala yang sudah dimiliki hanya karena belum melunasi hutang adalah salah satu efek perubahan mental karena punya hutang.

4. Hutang Dianggap Dana Tambahan
Jangan pernah menganggap uang yang anda miliki merupakan hasil pinjam dari Bank atau perorangan lainya sebagai “uang” tambahan untuk anda. Karena kebutuhan yang sangat tinggi, terkadang hal kecil ini tidak terlalu dikhawatirkan. Uang tersebut adalah beban anda yang tentunya harus anda bayar dalam tempo waktu yang disebutkan.

5. Berhutang Tanpa Menghitung Terlebih Dahulu
Sebelum anda memutuskan untuk menggunakan kartu kredit, lihatlah pendapatan anda setiap bulannya. Jika anda adalah seorang pekerja, berapa gaji bulanan anda dan berapa biaya pengeluaran yang harus anda keluarkan tiap bulannya. Setelah itu sisakan uang anda untuk tabungan dan lihat lah berapa jumlah yang tersisa. Jika jumlah tersebut sesuai dengan jumlah cicilan sebuah barang yang akan anda ambil dengan cara berhutang, silahkan anda mengambil barang tersebut. lakukan penghitungan hingga detail, jangan mengira-ngira.

Jika memang anda sangat ingin berhutang, maka mau tidak mau anda wajib membuat rencana keuangan secara terperinci. Catat semua pengeluaran rutin anda dan utamakan untuk menabung terlebih dulu. Setelah itu, anda bisa menentukan akan berhutang atau tidak – SOLIDGOLD BERJANGKA

Sumber