SOLID GOLD BERJANGKA JAKARTA – Suara ibu jauh lebih menenangkan dibanding suara lembut apa pun bagi anak. Bahkan musik klasik sekalipun tidak mampu memiliki efek sedahsyat suara ibu. Sebuah penelitian membuktikan, ketika ibu berbicara, sejumlah area pada otak anak langsung aktif. Area otak melingkupi fungsi emosi, penghargaan, sosial, dan pemilihan skala prioritas dalam hidup.

Hasil yang sedikit mengejutkan dari penelitian ini adalah suara ibu memiliki akses masuk yang lebih cepat ke sistem otak anak dibandingkan dengan sumber suara lain. Penelitian sebelumnya pernah menyebutkan, anak memang lebih bereaksi terhadap suara ibu. Namun penelitian itu belum mampu menjelaskan secara jernih bagaimana proses reaksi anak bisa terjadi.

“Tidak ada seorang pun yang benar-benar dapat melihat sirkuit otak dan hal-hal yang menghubungkannya satu sama lain,” ujar Vinod Menon, Profesor Psikiatri dan Perilaku di Stanford University, yang mengungkapkan argumentasi berbeda mengenai penelitian ini. Menurut Menon, reaksi anak muncul karena ada ikatan emosional dengan ibunya.

Guna menjawab argumen tersebut, peneliti melampirkan reaksi penampang otak 24 anak berumur 7-12 tahun ketika mendengar suara ibu mereka. Mereka adalah anak-anak yang dibesarkan langsung oleh ibu biologis dan memiliki tingkat inteligensi di atas 80. Selain itu, anak-anak yang diteliti tidak memiliki cacat jiwa atau penyimpangan perilaku – SOLIDGOLD BERJANGKA

Berita Selanjutnya