SOLID GOLD BERJANGKA – Emas bergerak stabil pada Jumat pagi setelah melemah ke posisi terendahnya dalam hampir dua bulan terakhir pada sesi sebelumnya, Dengan hasil data manufaktur AS yang lemah, dapat meningkatkan keraguan pada kekuatan ekonomi menjelang rilisnya angka nonfarm payroll yang selalu di pantu dengan cermat.

Spot harga emas sempat naik sebesar 0,1 persen berada di level $ 1,315.16 per troy ounce oleh 0058 GMT. Logam berjangka menyentuh level terendahnya $ 1,301.16 per troy ounce sejak 24 Juni pada hari Kamis, Spot harga emas berjangka AS hampir tidak berubah pada level $ 1,317.50.

Untuk pertama kalinya aktivitas indutri AS di kontrakan mulai bulan Agustus selama enam bulan kedepan pesanan baru dan produksi yang mulai anjlok, rendahnya tingkat pemutusan hubungan kerja telah menunjukkan kenaikan pertumbuhan ekonomi AS pada kuartal ketiga.

Data di AS lainnya menunjukkan klaim yang lebih awal untuk tunjangan pengangguran negara yang meningkat yang di perkirakan terjadi pada minggu lalu, dan menunjuka ke arah kekiatan bursa tenaga kerja yang berkelanjutan.

Bolivia menanggapi kasus pembunuhan pada Kamis minggu lalu dari pejabat pemerintah dengan mengumumkan telah terjadi tindakan keras terhadap koperasi pertambangan, dan ia mengatakan akan segera mengembalikan kontrak yang telah di tanda tangani oleh antara mereja dengan pihak swasta untuk mengendalikan negara.

Impala Platinum Holdings Ltd (Implats) produsen logam putih terbesar no.2 di dunia telah memperkecil kerugian tahunan mereka sebesar 70 juta rand ( $ 4.77 million ). – SOLID GOLD BERJANGKA