solid-goldberjangka.com – Emas internasional ditransaksikan di US$1.313,36 per troy ounce. Angka tersebutt menunjukkan, tidak terlalu jauh dari level tertinggi 2 bulan di US$1.321,90 per troy ounce yang tercacat pada akhir pekan lalu.

Sementara itu, harga perak turun 0,69% ke Rp20.81 per ons, harga tembaga naik 0,64% ke US$3.141 per pon dan harga platinum menurun 0,60% ke US$1.448,60 per ons.

Sedangkan, dari perkembangan konflik di Irak, pemimpin tertinggi Iran menuduh AS mencoba untuk merebut kembali kendali atas Irak dengan memanfaatkan persaingan sektarian, sebagai pemberontak Sunni menuju Baghdad dari markas baru di sepanjang perbatasan Suriah.

Selain itu, emas juga terpengaruh terhadap pertempuran di Ukraina antara pasukan separatis Ukraina dengan pro-Moskow. Ukraina menyatakan gencatan senjata secara sepihak. Sementara, Presiden Rusia Vladimir Putin mendesak Kiev untuk berbicara dengan para pemberontak.

Cadangan emas Rusia sendiri mengalami kenaikan menjadi 34,7 juta troy ounce pada bulan Mei. Sebelumnya, di bulan April, bank sentral mengungkapkan dalam situsnya akhir pekan lalu cadangan emas mencapai 34,4 juta troy ounce.

(inilah.com)