SOLID-GOLDBERJANGKA.COM – Harga emas berjangka di divisi COMEX New York Mercantile Exchange naik pada perdagangan Kamis (Jumat pagi WIB) karena gejolak di sektor keuangan Portugal dan penurunan saham Amerika Serikat (AS) memikat investor untuk emas.

Seperti dikutip dari Xinhua, Jumat (11/7/2014), kontrak emas yang paling aktif untuk pengiriman Agustus naik US$ 14,9 atau 1,13 persen menjadi US$ 1.339,2 per ounce.

Regulator Portugal menghentikan perdagangan dari Banco Espirito Santo setelah harga sahamnya jatuh 17 persen. Hal ini menghidupkan kembali kekhawatiran tentang kesehatan yang mendasari bank-bank Eropa.
Berita negatif dari perbankan Portugal telah mendongkrak harga emas mendekati level tertinggi dalam empat bulan. Analis percaya bahwa volatilitas yang tinggi di pasar dan mengharapkan akan berlanjut setidaknya dalam jangka pendek.

Keuntungan emas tertahan oleh sebuah laporan oleh Departemen Tenaga Kerja AS menunjukkan klaim pengangguran awal turun 11.000 menjadi 304 ribu disesuaikan musiman. Hal ini mendekati level terendah tujuh tahun.

Tak hanya emas, harga perak untuk pengiriman September naik US$ 44 sen atau 2,09 persen menjadi US$ 21,508 per ounce. Harga platinum untuk pengiriman Oktober naik US$ 10,1 atau 0,67 persen menjadi US$ 1.517 per ounce.

(liputan6.com)