SOLID GOLD BERJANGKA JAKARTA – Emas berjangka di divisi COMEX New York Mercantile Exchange berakhir sedikit menurun pada Kamis (Jumat pagi WIB), tertekan penguatan dolar AS dan pasar ekuitas AS yang mantap.

Kontrak emas yang paling aktif untuk pengiriman Juni turun USD4,30, atau 0,34 persen, menjadi menetap di USD1.271,20 per ounce.

Emas berada dalam tekanan karena indeks dolar AS, yang mengukur dolar terhadap sekeranjang mata uang utama, menguat terhadap sebagian besar mata uang utama pada Kamis. Emas dan dolar biasanya bergerak berlawanan arah.

Logam mulia bergerak dalam kisaran sempit karena ekuitas AS stabil setelah indeks Dow Jones Industrial Average mengalami penurunan 200 poin pada Rabu, setrelah serangkaian laporan laba lebih buruk dari perkiraan menyeret pasar, menandai hari terburuk pasar sejak Februari 2016.

Pada pukul 18.15 GMT, indeks Dow yang berbasis di AS telah naik sebesar 43 poin, atau 0,24 persen. Analis mencatat bahwa ketika ekuitas membukukan kerugian maka logam mulia biasanya naik, karena investor mencari tempat yang aman. Sementara itu, sebaliknya ketika ekuitas AS membukukan keuntungan maka logam mulia biasanya menurun.

Sebuah laporan yang dirilis oleh Departemen Tenaga Kerja AS pada Kamis menunjukkan klaim pengangguran awal meningkat 20.000 menjadi 294.000 klaim selama pekan yang berakhir 7 Mei. Para analis mencatat bahwa ini memberikan dukungan kepada emas, karena tingkat klaim pengangguran merupakan yang tertinggi sejak Februari.

Para pedagang juga sedang menunggu rilis laporan penjualan ritel dan indeks harga produser AS yang akan keluar pada Jumat.

Perak untuk pengiriman Juli turun 21,60 sen, atau 1,25 persen, menjadi ditutup pada USD17,103 per ounce. Platinum untuk pengiriman Juli turun USD12,10, atau 1,13 persen, menjadi ditutup pada USD1.054 per ounce – SOLIDGOLD BERJANGKA

Sumber