solid-goldberjangka.com – Menurut analis komoditas, Ghinie An, hal ini diharapkan dapat menjadi salah satu kewaspadaan pada investor untuk berhati-hati ketika memutuskan aksi beli. Jika tidak ada data yang mampu mendorong harga emas mengalami penguatan.

“Hati-hati terjadi koreksi pada harga emas di sesi perdagangan minggu ini, dengan level support emas berada pada $1,322.00,” katanya, Rabu (2/7/2014).

Jika harga emas mampu bergerak lebih rendah dari level support tersebut maka emas berpotensi kembali menguji level $1,310 sebagai support kuat berikutnya. “Pada sesi perdagangan hari ini, emas diperkirakan akan diperdagangkan pada kisaran 1,334.70 – 1,310.00.”

Pasar emas diperdagangkan hampir cenderung flat di awal perdagangan hari ini, setelah pada sesi perdagangan sebelumnya emas sempat diperdagangkan pada level tertinggi sejak 15 April. Memasuki seis perdagangan hari ini, volatilitas pasar diperkirakan akan meningkat menjelang data ADP Employment AS malam nanti.

Berikut ulasan bergerakan emas hari ini:

Fundamental Analisis

Pasar emas diperdagangkan menguat diawal perdagangan kuartal ketiga tahun ini dan kembali flat melihat pasar sepi dari isu politik Irak dan data ekonomi.

Disesi perdagangan AS semalam, pasar hanya terfokus pada data ISM dan Construction Spending AS yang masing-masing dirilis dengan hasil yang mengecewakan. ISM Manufaktur AS dirilis pada angka yang lebih rendah pada 55.30, melorot dari perkiraan dan data sebelumnya pada 55.8 (F) dan 55.4 (P).

Data Construction Spending AS dirilis naik hanya sebesar 0,1% lebih rendah dari perkiraan data sebelumnya pada 0,5% (F) dan 0,2% (P).

“Mmasuki sesi perdagangan hari ini, pasr emas diperkirakan akan diperdagangkan flat selama sesi perdagangan Asia.”

Emas akan mulai diperdagangkan volatile memasuki sesi perdagangan AS malam ini, menyusul data akan dirilisnya data ADP Employment AS pada pukul 19.30 GMT+7 dan jadwal press conference kepala Federal Reserve AS Janet Yellen pada pukul 22.00 GMT+7.

ADP Employment AS diperkirakan akan dirilis pada kisaran 200.000 naik dari 179.000, jika dirilis seuai dengan perkiraan pasar maka harga emas diperkirakan akan menerima sentiment negative dari data tersebut.

Sementara itu, investor diharapakan untuk memperhatikan hasil dari press conference kepala Federal Reserve AS Janet Yellen yang mungkin akan memulai fase baru bagi pasar. Indikasinya dengan wacana suku bunga Bank Sentral yang lebih tinggi dari level saat ini. Dan berakhirnya program pembelian obligasi.

Turun Tipis

Pada sesi perdagangan Selasa (1/7), Emas berjangka kontrak Agustus menyelesaikan sesi perdagangan Senin dengan keuntungan sebesar $4.60 atau 0.4% berakhir pada $1,326.60 di Divisi Comex New York Mercantile Exchange.

Di pasar spot harga emas ditutup turun tipis yakni sebesar 80 sen atau 0.06% berakhir pada $1,327.00, setelah sempat diperdagangkan hingga setinggi $1,333.20 dan terendah $1,323.60.

(inilah.com)