solid-goldberjangka.com – Menurut analis komoditas, Ghinie An, investor harus memperhatikan level resistance emas pada US$1.283,30. Jika harga mampu bergerak di atas level tersebut maka emas berpotensi menguji level resistance emas berikutnya pada US$1.293,80. Dengan level support emas yang perlu menjadi perhatian adalah US$1.267,80

“Memasuki sesi perdagangan hari ini, emas diperkirakan akan diperdagangkan pada kisaran US$1.296,80 – US$1.274,40,” katanya, Senin (16/6/2014).

Secara teknis, setelah harga emas beranjak naik pada pekan lalu, maka harga emas berpotensi untuk mengakhiri masa rebound. Sebab beberapa indikator telah menunjukkan masa Overbought. “Harga berada pada fase titik jenuh beli.”

Fundamental Analisis

Di sesi perdagangan Jum’at (13/6/2014) pasar emas mendapat dukungan dari tindakan pemberontakan di Irak oleh militant Sunni. Selama sesi perdagangan akhir pekan investor masih bersikap tenang menyikapi perkembangan pemberontakan di Irak.

Karena mendengar bahwa AS masih akan meninjau dan tidak akan mengambil tindakan militer segera untuk membantu Irak menghadapi senrangan pemberontakan.

Pasar emas akan banyak diuntungkan jika pemberotakan di Irak semakin memanas. Ketegangan yang terjadi di Irak akan mendorong harga minyak mentah dunia melonjak dan secara langsung akan meningkatkan aliran safe-heaven pada emas sebagai aset pelindung nilai.

“Irak menghasilkan sekitar 2,6 juta – 2.7 Juta barel minyak setiap harinya.”
Selain karena sentimen Irak, selama sesi perdagangan akhir pekan pasar merespon data inflasi produsen AS. Dengan index PPI AS dirilis turun 0,2% selama periode Mei, memburuk dari data sebelumnya dan perkiraan pasar yang menunjukkan kenaikan sebesar 0,6% pada April dan kenaikan 0,1% berdasarkan perkiraan pasar.

Memasuki sesi perdagangan pekan ini, pasar emas akan terfokus pada setiap perkembangan yang terjadi di Irak. Selian itu juga fokus ke pertemuan FOMC Minutes AS pada sesi perdagangan Kamis dini hari pukul 01.00 GMT+7.

Di awal pekan harga emas berpotensi menguat mengikuti tren harga minyak mentah dunia yang juga menguat dengan meningkatnya ketegangan di Irak.

Fase Jenuh Beli?

Harga emas diperdagangkan menguat tajam selama sesi perdagangan Jum’at (13/6/2014). Meski dengan keuntungan tipis namun harga emas berhasil mencatatkan keuntungan dalam satu pekan perdagangan. Emas mencatatkan keuntungan tajam dalam sepekan di tengah meningkatnya ketegangan di Irak.

Harga Emas berjangka kontrak Agustus menyelesaikan sesi perdagangan Jum’at pekan lalu dengan keuntungan tipis hanya sebesar 10 sen berakhir pada US$1.274,10 di Divisi Comex New York Mercantile Exchange. Dalam sepekan terkahir harga emas berjangka mencatatkan keuntungan sebesar 21,60 poin atau 1,72%.

Di pasar spot harga emas ditutup dengan keuntungan sebesar US$3,40 atau 0,27% berakhir pada US$1,276.60, setelah sempat diperdagangkan hingga setinggi US$1.277,75 dan serendah US$1.270,60. Emas mencatatkan keuntugan sebesar US$24,20 atau 1,93% selama sesi perdagangan minggu lalu.

(inilah.com)