PT SOLID GOLD BERJANGKA – Emas di level terendahnya pada hari Kamis dalam dua minggu terhadap optimisme Inggris di sesi referendum di Uni Eropa untuk meningkatkan saham Asia dan mengurangi resiko penurunan.

Emas turun sebesar 0,3 persen ke level $ 1,262.26 per ounce. Pada sesi sebelumnya di level terendahnya berada di level $ 1,260.36 sejak 9 Juni.

Kampanye untuk menjaga Inggris untuk tetap berada di Uni Eropa mendapat dukungan besar dari hasil voting yang rilis pada hari Rabu, beberapa jam sebelum pemili mulai memberikan suara mereka dalam Uni Eropa bersejarah keanggotaan referendum.

Saham Asia naik tipis, sementara pound naik menjadi enam bulan terhadap dolar.

Hasil pemungutan suara oleh Inggris untuk meninggalka 28-anggota Uni Eropa yang di juluki “Brexit”, kembali ke resesi Eropa ujung yang memberikan tekanan lebih terhadap ekonomi global, sehingga emas diminati pasa sebagai aset safe haven. Votting akan berlangsung pada hari Kamis, dengan hasil yang sangat di harapkan yang akan rilis pada hari Jumat.

Emas untuk pengiriman Agustus tergelincir $ 3,70, atau 0,3%, menjadi $ 1,268.80 per ons, dengan harga siap untuk settlement terendah sejak 8 Juni. SPDR Gold Trust naik 0,1% pada hari Rabu.

Sementara itu, perak untuk bulan Juli, naik 3 sen, atau 0,1%, ke $ 17,29 per ons, namun iShares Silver Trust naik 0,2%.

Kenaikan Emas terpengaruh karena ketidakpastian anggota serikat Eropa dan Inggris yang ragu, apakah Inggris akan tetap atau pergi di referendum pada hari kamis. – SOLID GOLD BERJANGKA

Sumber : Reuters