SOLID GOLD BERJANGKA JAKARTA – Kontrak emas yang paling aktif untuk pengiriman Februari turun satu dolar AS atau 0,08 persen, menjadi menetap di 1.207,7 dolar AS per ounce, lapor Xinhua.

Emas dibuka lebih tinggi pada Kamis karena euro reli dengan kuat terhadap dolar AS didorong berita bahwa Bank Sentral Eropa (ECB) tidak memberikan kejutan ketika pada Kamis memutuskan untuk mempertahankan suku bunganya tidak berubah tanpa langkah-langkah stimulus baru.

Harga emas berbalik datar setelah klaim pengangguran mingguan AS. Departemen Tenaga Kerja merilis laporan klaim pengangguran mingguannya pada Kamis, menunjukkan klaim pengangguran jatuh 17.000 selama pekan yang berakhir 29 November menjadi 297.000 klaim. Hal ini sejalan dengan ekspektasi para analis.

Emas berjangka berada di bawah tekanan dari penurunan minyak mentah light sweet atau WTI sebesar 50 sen atau 0,74 persen menjadi 66,88 dolar AS per barel pada Kamis. Ini meringankan beberapa tekanan pada pasar ekuitas AS dan menempatkan tekanan tambahan pada logam mulia – solid-goldberjangka.com

(antaranews.com)