SOLID GOLD BERJANGKA JAKARTA – Kontrak emas yang paling aktif untuk pengiriman Februari kehilangan 3,8 dolar AS atau 0,31 persen, menjadi menetap di 1.225,6 dolar AS per ounce.

Emas Februari sempat jatuh hampir satu persen pada Kamis, mundur lebih jauh dari tertinggi tujuh minggu sesi sebelumnya karena dolar dan saham AS memperpanjang keuntungan setelah data AS menunjukkan penguatan ekonomi.

Penjualan ritel pada November naik 0,7 persen setelah melompat 0,5 persen pada Oktober, menurut sebuah laporan yang dirilis oleh Departemen Perdagangan AS, Kamis.

Penjualan mobil melonjak 1,7 persen setelah meningkat 0,8 persen pada Oktober. Analis mencatat bahwa laporan ini menguntungkan bagi produk domestik bruto kuartal keempat karena kepercayaan konsumen meningkat, mendorong pemulihan ekonomi.

Sebuah laporan yang dirilis oleh Departemen Tenaga Kerja AS pada Kamis, menunjukkan klaim pengangguran turun 3.000 dalam pekan yang berakhir 6 Desember menjadi 294,000. Analis mencatat bahwa klaim tetap rendah tetapi tidak menunjukkan peningkatan menjelang laporan ketenagakerjaan bulanan.

Perbaikan sentimen terlihat di kepemilikan SPDR Gold Trust, dana berbasis emas terbesar di dunia yang diperdagangan di bursa. Dana tersebut melihat arus masuk hampir tiga ton pada Rabu – SOLIDGOLD

(tribunnews.com)