solid-goldberjangka.com – Harga jual kembali (buyback) emas batangan di Unit Bisnis Pengolahan dan Penjualan PT Aneka Tambang mengalami kenaikan Rp 1.000 menjadi Rp 472 ribu per gram pada Selasa, 8 April 2014. Dengan demikian, masyarakat yang hendak menjual emas akan menuai keuntungan Rp 1.000 per gram dibandingkan hari sebelumnya.

Di sisi lain, harga beli untuk emas batangan PT Antam relatif stabil. Data yang dirilis laman Logammulia.com menyebutkan harga pembelian emas batangan berkisar antara Rp 532 ribu untuk bobot 1 gram hingga Rp 492,6 ribu untuk 250 gram, sama dengan sehari sebelumnya.

Harga beli di beberapa kota lain pun relatif stagnan. Secara merata harga emas Antam di Surabaya, Makassar, Bandung, dan Palembang hari ini stabil di level Rp 544 ribu per gram. Seperti biasa, PT Antam menyediakan seluruh ukuran emas di UBPP Pulogadung, Jakarta Timur, atau di gedung Antam Jakarta Selatan. Transaksi pembelian akan dibatasi hingga maksimal 150 nomor antrean saja.

Berbeda dengan Indonesia, harga emas dunia di bursa spot New York menurun. Reuters mengabarkan harga spot emas pada Senin, 7 April 2014 waktu setempat, turun 0,4 persen menjadi US$ 1.298,7 per ons. Hal ini terjadi setelah investor mengambil keuntungan pasca-kenaikan harga emas 1 persen pada Jumat.

(tempo.com)