SOLID GOLD BERJANGKA JAKARTA – Harga minyak dunia jatuh berurutan dalam empat hari ini, turun 1% karena gugup atas pilihan Inggris yang akan meninggalkan Uni Eropa atau tidak, dibayangi oleh tanda kembali minyak mentah setelah lebihnya pasokan selama dua tahun. Harga minyak brent close 52 sen lebih rendah ke level USD49,83 /barel, sementara minyak mentah AS stop di sesi turun 39 sen ke levek USD48,49. Harga bensin bersentuhan ke level terendah lebih dari satu bulan ke level USD1,50 /galon. Harga minyak mentah AS diperjual belikan antara USD48,69 dan USD48,02.

Pada hari senin, OPEC memperkirakan pasar minyak cenderung seimbang di semester kedua 2016 karena pemadaman di Nigeria dan bantuan Kanada untuk mempercepat erosi mengenyangkan pasokan. Pasar tunggu arahan data dari American Petroleum Institute yang memperkirakan akan persediaan minyak mentah AS yang jatuh untuk pekan keempat.

Kampanye Inggris untuk meninggalkan Uni Eropa menjelang referendum “memimpin signifikan”, dan sekitar 47% pemilih mengatakan akan memilih untuk meninggalkan, berbanding terbalik dengan 40% yang ingin tinggal, menurut hasil vote dari 2.497 orang. Jika Inggris lebih memilih untuk meninggalkan Uni Eropa, prospek dijuluki “Brexit”, para investor takut blok itu akan tergelincir ke dalam resesi, yang nantinya akan melemahkan permintaan minyak – SOLID GOLD BERJANGKA

Sumber : ekbis.sindonews.com