SOLID GOLD BERJANGKA JAKARTA – Pagi hari memang waktunya memicu semangat untuk beraktivitas. Namun, dalam mengumpulkan semangat anda, ada beberapa kebiasaan buruk yang bisa jadi justru mengacaukan mood anda dalam satu hari ke depan.

Apa saja? berikut kebiasaan diu pagi hari yang kerap dianggap bermanfaat padahal bisa mengacaukan hari-hari anda :

1. Menunda olahraga

Jessica Matthews, assistant professor of health and exercise science di Miramar College, California mengatakan orang sering menunda berolahraga dan menganggap hal itu bisa dilakukan setelah beraktivitas di sore hari. Padahal, menurut Matthews di sore hari orang berpotensi besar untuk absen olahraga.

“Kegiatan satu hari yang tak terprediksi bisa saja memengaruhi mood Anda untuk berolahraga. Belum lagi jika waktu yang tersisa amat terbatas. Untuk itu, meski waktunya sempit, sempatkan untuk olahraga 10-15 menit di pagi hari,” kata Matthew memberi saran.

2. Banyak mengonsumsi makanan tinggi indeks glikemik saat sarapan

Untuk menu sarapan, disarankan untuk tidak terlalu banyak mengonsumsi makanan tinggi indeks glikemik (IG). Sebab, makanan tinggi IG akan menaikkan gula darah dengan cepat, namun penurunan gula darah juga terjadi dengan cepat. Sehingga, akan lebih mudah merasa lapar.

Ahli gizi Leona Victoria Djajadi MND menyarankan sebaiknya tambahkan sumber protein pada menu sarapan seperti telur rebus atau segelas susu skim milk agar tubuh bisa mulai menggunakan proteinnya untuk regenerasi sel-sel. Jika tidak mengkonsumsi protein maka biasanya diambil dari pemecahan sel otot dan di kemudian hari bisa mengakibatkan mudah lemas. Dikatakan Victoria, sumber protein juga biasanya mengandung zat besi yang juga penting untuk pembuatan sel darah merah.

3. Mandi air hangat

Jika tubuh dalam kondisi fit alias tidak sedang sakit, sebaiknya hindari mandi air hangat di pagi hari. Apalagi jika saat itu matahari sudah mulai muncul. Psikiater di Cypress, Texas, Jared Midera, MD menuturkan mandi air panas justru membuat sistem saraf dan otot rileks.

Detak jantung pun melambat. Sehingga, bukannya terasa segar, mandi air hangat sebelum beraktivitas justru bisa membuat Anda ngantuk. Jika ingin lebih bersemangat, mandilah air dingin dengan durasi waktu tidak terlalu lama. Dengan begini, akan dilepaskan hormon adrenalin yang membuat tubuh lebih berenergi.

4. Langsung cek e-mail setelah bangun tidur

“Membanjiri pikiran Anda dengan setumpuk email terutama soal pekerjaan akan memberi awal yang negatif di hari Anda. Apalagi, membalas email sesaat setelah bangun tidur lebih memungkinkan Anda untuk membuat kesalahan,” kata psikolog Susan Bartell, PsyD.

Untuk itu, mengecek email atau pesan lainnya lebih baik setelah Anda benar-benar sudah sadar dan ‘terbangun’ dari tidur. Berdasarkan studi di University of British Columbia, orang yang menunda mengecek email setelah bangun tidur mengaku merasa tidak terlalu stres dalam menjalani aktivitas seharian dan mood-nya pun lebih baik.

5. Menyikat gigi sesaat setelah sarapan

Michael Tischler, DDS, pemilik Tischler Dental di Woodstock, New York menuturkan menyikat gigi sesaat setelah sarapan, terutama jika mengonsumsi makanan yang bersifat asam bisa ‘menyebarkan’ gula ke permukaan gigi dan mengikis enamel.

“Sebaiknya setelah makan, minum dulu segelas air putih yang bisa membuat mulut lebih bersih. Jika ada waktu, tunggu sampai 30 menit untuk menyikat gigi,” kata Tischler.

Dalam sebuah penelitian, disebutkan orang yang mengonsumsi minuman asam dan menyikat gigi 30-60 menit setelahnya, mengalami pengikisan enamel yang lebih sedikit ketimbang mereka yang menyikat giginya 20 menit setelah mengonsumsi makanan atau minuman asam – SOLIDGOLD BERJANGKA

health.detik.com