Solid Gold Berjangka – Duta Besar Palestina untuk Indonesia Fariz Mehdawi menyatakan bahwa hubungan diplomatik antara Indonesia dengan Palestina sudah terjalin baik meski pun Indonesia belum mendirikan kantor Kedutaan Besar di Palestina. Menurut Fariz, pendirian kantor duta besar di Ibu Kota Pemerintahan Palestina di Ramallah bukan suatu isu utama yang dibicarakan Palestina dengan Indonesia.

“Dengan Indonesia kami sudah memiliki hubungan diplomatik, saat ini banyak duta-duta di Jakarta yang akan melingkupi berbagai isu, saya rasa ini bukan isu utama yang kami bicarakan karena  Indonesia sudah memiliki hubungan diplomatik,” kata Fariz di Jakarta, seusai bertemu dengan Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Pendirian kantor Kedutaan Besar Indonesia di Ramallah ini pernah dijanjikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Jusuf Kalla ketika keduanya kampanye sebagai calon presiden dan calon wakil presiden.

Fariz mengatakan, dalam pertemuannya dengan Kalla, Kamis, keduanya membahas hubungan bilateral kedua negara. Poin utama yang dibahas dia dan Kalla berkaitan dengan upaya Indonesia mendukung perjuangan Palestina di tengah konflik yang mereka alami.

“Karena bahkan sebelum Jokowi terpilih menjadi presiden, dia sudah berjanji akan mendukung Palestina, dan janji ini dijawab lagi dengan sama oleh Kalla,” ujar Fariz.

Kepada Kalla, ia juga menceritakan beberapa kondisi Palestina belakangan ini. “Dan dia (Kalla) mengatakan dia (Kalla) sangat simpati dengan kejadian ini, lalu selanjutnya bagaimana konsolidasi Indonesia mendukung palestina,” sambung Fariz.

Ia pun meyakini Indonesia bisa membantu Palestina melalui kebijakan-kebijakan praktis. Keyakinan itu, kata Fariz, didasarkan kesamaan antara dua negara yang penduduknya mayoritas beragama Islam. Selain itu, menurut Fariz, Indonesia memiliki banyak organisasi Islam yang kerap membantu Palestina – solid-goldberjangka.com

(kompas.com)