SOLID-GOLDBERJANGKA.COM – Banyak penjual dadakan muncul di bulan puasa dan Lebaran. Mereka biasanya menyediakan barang atau jasa yang identik dengan keperluan puasa atau Lebaran, seperti kue kering dan jasa penitipan motor.

Memang, barang dan jasa seperti ini mengalami lonjakan permintaan di bulan puasa dan Lebaran. Anda bisa saja membuka bisnis yang umum timbul di bulan ini.

Tapi, jika Anda ingin melakukan yang sedikit berbeda untuk menangkap pangsa pasar baru, maka Anda mungkin ingin melirik bisnis-bisnis kreatif ini:

Hidangan Sahur

Orang biasanya malas untuk menyiapkan hidangan sahur. Ini kesempatan bisnis bagi Anda. Anda bisa membuat catering khusus untuk hidangan sahur. Agar makanan tetap segar ketika diantarkan, Anda bisa menawarkan jasa ke para tetangga. Risiko bisnis ini hanya satu, Anda harus mulai menyiapkan makanan saat tengah malam.

Garage Sale

Anda bisa mengumpulkan teman-teman atau tetangga untuk melakukan garage sale, yaitu menjual barang-barang layak pakai, namun sudah tidak digunakan lagi. Selain menjadi penjual, Anda bisa menjadi pihak yang mencari atau menyediakan tempat untuk garage sale, misalnya perkarangan atau garasi di rumah Anda. Lalu, Anda bisa meminta mereka yang juga membuka lapak di garage sale untuk membayar sewa lapak.

Harga bersahabat barang-barang second akan menarik bagi mereka yang ingin memenuhi kebutuhan untuk Lebaran.

Cake Pops

Sudah banyak sekali orang menjual makanan kering seperti lidah kucing dan kastengel. Agar berbeda, Anda bisa menyediakan cake pops, yaitu kue yang dibentuk serupa lollipop. Lalu, Anda bisa menghiasi cake pops dengan tema Lebaran. Resepnya pun bisa Anda cari di internet.

Parsel Makanan Organik

Memang, sudah banyak sekali yang menjual parsel Lebaran berisi makanan. Namun, biasanya makanan yang disediakan adalah camilan yang tidak terlalu baik untuk kesehatan, seperti keripik kentang dan sirup. Agar berbeda, Anda bisa menyiapkan parsel Lebaran, tapi berisi bahan makanan yang baik untuk kesehatan, seperti selai dan kopi organik.

Parsel Anda pastinya akan dilirik oleh mereka yang sedang menjalani diet sehat. Anda pun bisa mendapatkan bahan-bahan dari toko-toko yang menjual makanan organik, baik offline dan online.

Aksesoris Hijab

Pastinya, sudah banyak sekali orang yang menjual hijab maupun scarf. Agar tidak berkompetisi dengan mereka, Anda bisa menjual aksesoris untuk hijab, seperti bros terbuat dari mute-mute atau kain perca yang dibentuk menjadi bunga.

Anda bisa dengan mudah membeli bahan dari pasar tradisional untuk kain tekstil, dan bisa mencari ide desainnya dari berbagai situs online.

Jika ide bisnis Anda terbukti sukses, Anda bisa saja meneruskan bisnis setelah Lebaran berakhir. Siapa tahu, ini menjadi titik di mana Anda menjadi pebisnis sungguhan.

(viva.co.id)