Solid Gold – IHSG Dibuka Melanjutkan Penguatan

SOLID GOLD BERJANGKA JAKARTA – Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada kamis sore waktu setempat WIB melanjutkan penguatan. Indeks dibuka naik 3,38 poin atau 0,07 % ke level 5.246,30. Sebelumnya, mengakhiri perdagangan rabu pagi hari ini WIB, IHSG ditutup bullish 69,99 poin atau 1,35 % ke posisi 5.242,82.

Penguatan IHSG pada hari ini berkat sentimen rencana Bank Indonesia yang akan memangkas suku bunga acuan sebesar 25 basis poin menjadi 6,25%. Sementara itu, mayoritas pasar Asia naik pada pembukaan kamis, dengan saham jepang memimpin rekan – rekan regional setelah rencana PM Jepang, Abe menyarankan paket stimulus yang cukup besar.

Indeks Jepang Nikkei 225 menguat 1,18% dengan saham menerima dorongan dari yen relatif lemah. “Semua mata pagi ini tertuju ke Jepang, dengan pembicaraan tentang paket stimulus ¥ 20 triliun melalui anggaran tambahan,” ucap Chris Weston.

Meski demikian, sebagian besar analis masih akan menekankan bahwa reformasi sejati masih perlu dibenahi untuk benar – benar menempatkan jepang di jalan yang tepat. Pemerintah Jepang sedang mengatur untuk mengkompilasi paket stimulus minimal ¥ 20 triliun atau USD 188 miliar untuk membantu perekonomian domestik muncul dari deflasi, dan untuk menangkis efek samping yang mungkin dari Brexit.

Sementara di Korea Selatan, Kospi naik 0,02%.Australia ASX 200 naik 0,79%, dengan sebagian besar sektor reli. Di bursa Indonesia, mayoritas sektor saham bergerak naik tipis, dimana sektor saham pertambangan naik 0,58 %, diikuti sektor properti yang naik 0,51 % akibat sentimen rencana penurunan BI rate. Sementara sektor perdagangan negatif 0,11 %.

Sementara nilai transaksi saham pada pembukaan hari ini mencapai Rp218 miliar dan transaksi bersih asing minus 17,23 miliar, dimana aksi jual asing Rp 90 miliar berbanding aksi beli asing Rp 72,8 miliar. Tercatat 107 saham naik, 31 melemah, dan 71 tetap

Adapun saham-saham yang menguat pagi ini ialah PT Gudang Garam Tbk (GGRM) yang naik 2,8657 %; PT Surya Toto Tbk (TOTO) naik 2,8571 %; PT Mayora Indah Tbk (MYOR); MFIN meningkat 7,2289 %: dan PT Astra International Tbk (AASI). Sedangkan saham-saham yang melemah antara lain PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR), PT Matahari Department Store Tbk (LPPF), ICBP, AKRA, dan PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) – PT SOLID GOLD BERJANGKA

Sumber : ekbis.sindonews.com