solid-goldberjangka.com – Sebagian besar indeks saham di Asia dibuka tanpa mengalami banyak perubahan pada sesi pembukaan perdagangan, Senin (30/6/2014). Saham perusahaan teknologi menguat sedangkan saham keuangan anjlok.

Saham Yokogawa Electric Corp memimpin penguatan saham di sektor teknologi yang naik 2,4 persen di Tokyo. Sedangkan saham QBE Insurance Group Ltd anjlok 1 persen di Australia.

Indeks MSCI Asia Pasifik tidak mengalami perubahan dan berada di posisi 145,06. Sedangkan indeks di Jepang hanya bertambah 0,1 persen di mana yen tengah menuju titik terkuat dalam lima minggu terakhir terhadap dolar Amerika.

“Investor masih belum mau melakukan aksi beli menjelang laporan data ekonomi kunci. Yen juga menguat sehingga membuat saham di Jepang suliat untuk melonjak,” kata Hitoshi Asaoka, analis dari Mizuho Trust & Banking Co.

Di Korea Selatan, indes Kospi terangkat 0,3 persen dan indeks S&P/ASX di Australia turun 0,5 persen. Saham-saham Hong Kong menguat 0,22 persen pada beberapa menit pertama perdagangan Senin, setelah memimpin positif dari Wall Street, karena investor menunggu rilis data manufaktur dari Cina akhir pekan ini. Indeks acuan Hang Seng menguat 51,67 poin menjadi 23.273,19.

Di Jakarta, Indeks Harga Saham Gabungan dibuka menguat 15 poin atau 0,3 persen ke posisi 4.860. Volume perdagangan 1,1 miliar lot saham dengan nilai transaksi Rp1 triliun. Ada 126 saham naik, 70 saham turun dan 73 saham tidak berubah.

(suara.com)