SOLID GOLD BERJANGKA JAKARTA – Dalam Indeks Persepsi Korupsi pada 2014, Indonesia meraih 34 poin, naik dua poin dari tahun sebelumnya. Skala 0 menunjukan persepsi sangat korup dan 100 dinilai sangat bersih.

Hal ini mendongkrak peringkat Indonesia ke posisi 107. Tahun lalu, Indonesia berada pada posisi 114. Sekjen Transparansi Internasional Indonesia (TII), Dadang Trisasongko, mengatakan rilis indeks tahun ini penting karena berada dalam era pemerintahan dan parlemen baru.

Banyak catatan

Namun, menurut TII, pekerjaan rumah untuk memerangi korupsi masih banyak. Pasalnya, skor Indonesia masih di bawah rerata persepsi korupsi rata-rata negara-negara dunia yaitu 43. Negara terbersih antara lain Denmark, Selandia Baru, dan Singapura. Adapun yang terendah mencakup Sudan Selatan, Sudan, Afghanistan, dan Korea Utara.

Skor Indonesia juga berada di bawah rata-rata skor negara-negara ASEAN, Asia Pasifik, dan G20. Ini menjadi tantangan besar mengingat persaingan bisnis antar negara akan semakin ketat menyusul diterapkannya skema Masyarakat Ekonomi ASEAN pada akhir 2015 mendatang. Indonesia berada di bawah Thailand, Filipina, dan Malaysia, namun lebih baik dari Vietnam dan Kamboja.

Survei dilakukan dengan menggabungkan 13 sumber data yang menggambarkan persepsi pengusaha, pelaku bisnis, dan para pakar kasus korupsi – solid-goldberjangka.com

(bbc.co.uk)