SOLID GOLD BERJANGKA JAKARTA – Jika anda mencari teman sejati, maka mencarinya di media sosial merupakan langkah yang salah.

Ratusan atau ribuan teman yang anda miliki di media sosial, sama sekali tak menjamin anda mendapatkan sahabat karib dari sana.

Hal tersebut dibuktikan oleh penelitian yang dilakukan Profesor Robin Dunbar dari Oxford University terhadap 3.500 orang Inggris.

Dunbar menemukan, rata-rata respondennya memiliki 155-185 teman di akun Facebooknya, dengan responden wanita dan anak muda memiliki jaringan relasi lebih banyak.

Kemudian, ketika ditanya, “Saat memiliki masalah dan mengunggahnya ke halam Facebook, berapa jumlah teman yang menawarkan bantuan?”

Hasilnya, cukup miris. Ternyata, hanya ada 14 orang yang menyatakan simpati dan hanya ada empat teman yang tulus menawarkan bantuan.

Professor Dunbar mengatakan, “Responden yang memiliki jaringan luas tidak berpengaruh pada jumlah teman dekat, justru menurunkan jumlah orang dalam lingkaran persahabatan mereka. Sebab, hampir tiap media sosial tidak memungkinkan seseorang membuat banyak lapisan,”.

Singkatnya, Dunbar mengatakan bahwa media sosial menurunkan kualitas persahabatan.  Persahabatan yang berawal dari media sosial hanya berfungsi dengan baik, apabila anda dan teman terus berkomunikasi rutin.

“Teman media sosial dapat berubah menjadi ‘hanya kenalan’ apabila anda tak berinteraksi langsung untuk merawat persahabatan,” ujar Dunbar – SOLIDGOLD BERJANGKA

Sumber