solid-goldberjangka.com – Siapa sangka, memelihara berewok memiliki banyak manfaat positif. Penelitian menunjukkan bahwa menumbuhkan berewok sebenarnya salah satu kunci untuk tampak lebih muda, pelembap alami, dan bebas kanker.

Berikut ini 5 manfaat positif berewok :

1. Perlindungan Matahari

Menurut penelitian terbaru dari University of Southern Queensland, berewok menepis hingga 95 persen dari sinar UV matahari, yang dapat memainkan peran besar dalam mencegah karsinoma sel basal (bentuk paling umum dari semua kanker).

2. Kulit Bebas Noda

Meninggalkan kebiasaan mencukur ternyata mampu melindungi kulit. “Jerawat bisa muncul karena sering bercukur,” kata Dr Shannon C. Trotter, seorang rekan dari Osteopathic College of Dermatology and a dermatologist di Ohio State Wexner Medical Center.

“Pisau cukur dapat mengiritasi kulit atau bahkan menyebarkan bakteri, menyebabkan infeksi pada folikel rambut.”

3. Lebih Maskulin

Semakin banyak rambut pada wajah seorang pria, maka akan semakin terlihat maskulin, demikian menurut penelitian yang dipublikasikan di Evolution and Human Behavior. Studi ini juga menemukan bahwa perempuan lebih tertarik pada pria dengan berewok.

4. Pelembab Alami

Anda mungkin tidak tahu wajah memiliki pelembab alami, yang disebut kelenjar minyak. Menurut Trotter, kelenjar tersebut mengeluarkan minyak alami yang menjaga kulit tetap lembap. Berewok tebal tidak hanya mencegah Anda menggosok kelenjar tersebut, tetapi juga melindungi wajah dari paparan angin, yang menyebabkan kemerahan dan kekeringan.

5. Cegah Alergi

Sepertinya halnya bulu hidung yang melindungi Anda, semakin banyak berewok, semakin banyak polutan yang Anda saring, demikian menurut Dr Clifford W. Bassett, direktur medis Allergy and Asthma Care of New York. Tetapi, jangan lupa untuk menjaga kebersihan berewok Anda dengan mencucinya secara teratur.

(inilah.com)