SOLID-GOLDBERJANGKA.COM – Para CEO, yang juga orang-orang terkaya dunia ini, senang memanfaatkan waktu luang mereka yang terbatas dengan tenggelam di antara buku-buku. Nah, apa saja buku favorit para CEO tersohor dunia?

Sebut saja orang terkaya ketiga dunia, Warren Buffett, menyatakan dirinya menghabiskan 80 persen harinya dengan membolak-balik halaman per halaman buku. Buffett, CEO Berkshire-Hathaway, menyebut buku “The Intelligent Investor” karangan Benjamin Graham sebagai buku favoritnya.

Buffett membaca buku itu saat usianya menginjak 19 tahun. Ia mengingat saat itu adalah salah satu momen paling beruntung dalam hidupnya, karena dari buku itulah ia memperoleh kerangka-kerangka dasar untuk investasi.

“Untuk terus berinvestasi dengan sukses tidak memerlukan IQ yang setinggi langit, dasar bisnis yang tak biasa, atau informasi. Yang dibutuhkan adalah kerangka cerdas untuk mengambil keputusan dan menahan emosi untuk merusak kerangka itu. Buku ini secara jelas menjelaskan kerangka yang tepat,” ujar Buffett seperti dikutip dari Business Insider, Senin (15/9/2014).

Sementara itu, pendiri Microsoft Bill Gates menunjuk buku “Business Adventures: Twelve Classic Tales from the World of Wall Street” karangan John Brooks. Buku ini direkomendasikan Buffett kepada Gates untuk dibaca. Karena rekomendasi Buffett, mantan CEO Microsoft itu menjadi terobsesi pada buku ini.

Buku yang ditulis Brooks itu merupakan kumpulan cerita warga New York. Menurut Gates, buku ini mengingatkannya bahwa dasar-dasar bisnis yang sukses tetap konstan dan tak lekang waktu.

“Untuk satu hal, ada faktor manusia dalam setiap usaha bisnis. Tidak masalah jika Anda memiliki produk yang sempurna, rencana produksi, dan pemasaran lapangan. Anda masih perlu orang yang tepat untuk memimpin dan melaksanakan rencana tersebut,” ungkap Gates.

Lain lagi dengan CEO Facebook Mark Zuckerberg. Ia mungkin adalah gambaran anak muda modern yang melek teknologi, namun ternyata buku favoritnya adalah karya klasik. Buku favorit Zuckerberg adalah “The Aeneid” karya Virgil. The Aeneid adalah puisi epik yang menceritakan kisah Aeneas, pahlawan legendaris yang diasosiasikan dengan lahirnya kota Roma dan jatuhnya Troya.

(kompas.com)