Solid Gold Berjangka – Apakah menurut anda, anak anda nakal? Menurut para ahli, orangtua harus mendekatkan diri ke anak, dan tidak ikut marah saat anak sedang emosi. Jika memarahi balik, anda mungkin melakukan hal yang buruk. Ada hal-hal tertentu yang tidak boleh anda katakan kepada anak, seperti berikut :

Tinggalkan aku sendiri

Salah satu kalimat yang dihindari adalah “tinggalkan aku sendiri”. Tinggalkan anak lalu datang kembali sesaat kemudian, akan membuat anak berpikir bahwa dirinya tidak memiliki peranan yang penting dalam hidup anda. Sebagai orangtua yang baik, anda harus mengerti hal ini.

Penilaian negatif

Memberikan penilaian jelek pada anak, seperti “kamu malas” atau “kamu lelet”, akan cenderung mematahkan motivasi anak. Orangtua harus berhati-hati apa yang anda katakan kepada mereka. Bisa jadi hal buruk yang anda katakan akan terealisasi.

Berlatihlah

Jangan pernah terlihat seakan anda tidak bisa melakukan sesuatu di depan anak. Ini akan memberikan pesan saat anda melakukan kesalahan, anda terlihat tidak berlatih keras untuk menjadi sempurna.

Jadikan diri anda seperti saudaranya

Hal yang paling buruk dilakukan adalah membandingkan anak-anak anda satu sama lain. Membandingkan mereka berarti anda ingin mereka menjadi orang lain bukan diri mereka sendiri.

Lakukan karena aku suruh lakukan

Sebagai orangtua, anda ingin anak-anak melakukan hal yang benar. Namun anda tentu tidak ingin anak merasa tidak mendapatkan ilmu. Jadi, jangan pernah meminta anak tidak melakukan sesuatu hanya karena anda suruh. Katakan alasan kenapa dia tidak boleh melakukan itu, dengan kata-kata yang dimengerti mereka – solid-goldberjangka.com

(okezone.com)