SOLID GOLD BERJANGKA JAKARTA – Sedikitnya sebelas ekor ikan Arapaima bisa bertahan hidup di danau buatan di Agrowisata Sidomuncul, Ungaran, Kabupaten Semarang.

Meski jauh dari habitat aslinya di Sungai Amazon, Brasil namun salah satu ikan spesies air tawar tersebut bisa hidup bahkan berkembang dengan baik berkat pemeliharaan yang baik dan pemberian nutrisi ternak organik.

“Pertama kali kita pelihara panjangnya 40 sentimeter, sekarang sudah sepuluh tahun mencapai 2,4 meter dan 3,5 meter. Itu saya pikir tergolong besar dan jarang ditemui di Indonesia bahkan dunia,” ungkap CEO PT Sidomuncul Pupuk NUsantara (SMPN), Sofyan Hidayat.

Kesebelas ekor Arapaima tersebut awalnya semua dipelihara di danau buatan seluas 1.500 meter persegi dengan kedalaman sekitar 5 meter.

Namun, karena banyaknya pengunjung Agrowisata yang penasaran ingin melihat ikan Arapaima, pihak Sidomuncul kemudian membangun sebuah aquarium raksasa didekat danau tersebut.

Kemudian pengelola memindahkan tiga diantaranya di dalam aquarium sehingga para pengunjung bisa melihatnya berenang di dalam air dengan jelas.

Namun sayang, saat proses pemindahan tersebut satu ekor Arapaima mati, sehingga jumlahnya berkurang menjadi sepuluh ekor – SOLIDGOLD BERJANGKA

Sumber