SOLID-GOLDBERJANGKA.COM – Situs SamMobile pada Kamis (21/8/2014) membocorkan spesifikasi kamera milik phablet yang rencananya akan dipamerkan di ajang IFA Berlin bulan depan.

Menurut situs tersebut, Samsung Galaxy Note 4 akan memiliki sensor kamera 16 megapixel dengan resolusi sangat tajam, 5312 x 2988 pixel.

Sistem optical image stabilizer yang sebelumnya absen di Galaxy S5, kini dihadirkan di phablet generasi terbaru ini.

Seperti phablet-phablet premium yang beredar saat ini, Galaxy Note 4 juga memiliki fitur perekaman video resolusi 4K (3840 x 2160) 30 fps. Kemampuan yang sama seperti Galaxy S5.

Samsung juga berusaha meningkatkan standar baru dalam kamera depannya. Terlihat dari dipasangnya ukuran sensor yang lebih besar dibanding milik Galaxy S5, yaitu 3,7 megapixel berbanding 2,1 megapixel.

Kamera depan tersebut bisa merekam video qHD resolusi 2560 x 1440.

Dari sisi software, Samsung juga membekali Galaxy Note 4 dengan beberapa fitur menarik, seperti Side Touch dan Wide Selfie.

Side Touch pada dasarnya menjadi pengganti tombol fisik shutter kamera. Pengguna cukup mengetuk layar di area mana saja untuk mengambil gambar.

Sedangkan Wide Selfie menyediakan jangkauan lensa yang lebih lebar saat mengambil foto menggunakan kamera depan. Pengguna juga bisa memotret hanya dengan tersenyum atau berkedip untuk mengambil foto, tak perlu menekan tombol shutter.

Fitur kamera tersebut juga bisa diakses hanya dengan sapuan gestur di layar, bahkan saat dari kondisi layar mati.

Semua bocoran fitur di atas baru bisa dikonfirmasi pada 4 September mendatang, saat Samsung menggelar ajang tahunan Unpacked dan memperkenalkan Galaxy Note 4 secara resmi.

(kompas.com)