solid-goldberjangka.com – Di bursa berjangka COMEX, pada penutupan dini hari juga ditutup menguat. Emas berjangka COMEX untuk kontrak Agustus 2014 naik signifikan sebesar 0,61% ke level US$1.259,6/troy ounce. Dengan begitu, terjadi kenaikan US$7,7/t oz dibandingkan sebelumnya.

Kasus pemogokan buruh Afrika Selatan menjadi sentimen positif yang menggerakkan harga emas ke atas. Gagalnya perundingan antara pemerintah Afrika Selatan dan Serikat Buruh, Senin lalu, memicu ketidakpastian pertambangan di Afrika Selatan.

Afsel selama ini dikenal sebagai penghasil utama paladium. Itulah sebabnya pada penutupan dini hari tadi harganya naik mendekati harga tertinggi dalam empat tahun.

Faktor positif yang mengangkat harga emas lainnya adalah perkembangan data Tiongkok. Naiknya inflasi China kembali mendongkrak minat investasi di komoditas yang disebut aset safe haven. Mereka berusaha menghindari kerugian terus turunnya yuan. China mengalami Inflasi sebesar 2,5% year on year. Angka ini naik 0,7% dibandingkan tahun sebelumnya.

Analis memperkirakan emas masih berpotensi melanjutkan penguatannya pada perdagangan hari ini. Hal itu didorong oleh sentimen positif dari perkembangan di Afrika Selatan dan China.

(inilah.com)