SOLID GOLD BERJANGKA JAKARTA – Komputer dapat lebih baik memperkirakan kepribadian dibandingkan teman atau keluarga, demikian isyarat yang didapat dari penelitian terhadap puluhan ribu sukarelawan.

nalisa komputer terhadap ‘likes’ pada Facebook menyimpulkan sifat seseorang berdasarkan lima ciri kunci, yang lebih baik hasilnya daripada saudara laki-laki, ibu atau bahkan beberapa pasangan hidup.

Tim peneliti dari Universitas Cambridge memang mengakui kepribadian lebih rumit daripada ini, namun namun mengatakan hasil penelitian menunjukkan komputer dapat melebihi kemampuan manusia. Temuan yang dimuat jurnal PNAS tersebut mengisyaratkan sejumlah kaitan.

Penggemar seri TV Dr Who di Facebook, misalnya, cenderung lebih pemalu, sementara fans acara TV realita Big Brother sifatnya konservatif atau konvesional.

Peneliti Universitas Cambridge dan Stanford telah mengatakan ‘likes’ pada Facebook dapat digunakan untuk memperkirakan sejumlah informasi pribadi termasuk kecenderungan seksual dan politik.

Dalam kajian ini, mereka ingin selangkah lebih maju dengan membandingkan manusia dan media untuk mengetahui yang lebih baik dalam menilai sifat dan kepribadian manusia.

Para peneliti mengolah data 70.520 pemakai Facebook yang bersedia menjadi responden. Mereka menggunakan sistim komputer yang mengaitkan ‘likes’ dengan lima ciri kepribadian: keramahan, kehati-hatian, perhatian terhadap hal-hal diluar diri sendiri, kecenderungan berpikiran negatif dan keterbukaan.

Kepala tim peneliti, Dr Youyou Wu, mengatakan bahwa teman dan kolega kemungkinan hanya melihat kita di sejumlah peristiwa tertentu, jadi mereka memiliki informasi yang lebih sedikit.

Sementara komputer dapat mengakses banyak informasi yang relevan dan memiliki kemampuan mengingat yang besar – SOLIDGOLD

(http://teknologi.inilah.com/)