SOLID GOLD BERJANGKA JAKARTA –  Salah satu kunci sukses dan hal yang signifikan mengembangkan perusahaan adalah strategi bisnis yang dijalankan. Hal ini berlaku baik oleh perusahaan kecil bahkan sampai yang bertaraf perusahaan multinasional.

Berkembang atau tidaknya sebuah perusahaan tentu berkaitan dengan kinerja CEO-nya. Saat perusahaan maju, dapat dipastikan strategi bisnis yang dilakukan CEO tepat. Maka, menarik untuk melihat apa saja kunci sukses dari para CEO dunia dalam mengembangkan bisnisnya.

Beberapa CEO pernah membeberkan kunci sukses mereka dalam membangun perusahaan. Meskipun terlihat sangat sederhana, tetapi nyatanya hal tersebut mampu membuat perusahaan berkembang secara positif. Tentu, kunci sukses ini dibarengi juga dengan strategi bisnis yang tepat.

Berikut ini adalah kunci sukses dari para CEO dunia tersebut :

1. Jangan kerja di pesawat

“Jangan kerja di pesawat” itulah kunci sukses dari CEO Evernote, Phil Libin. Menurut Phil, saat di pesawat adalah saat istirahat. “Ketika saya di pesawat, saya tidak akan bekerja. Saya akan membaca, bermain video game, tidur atau menonton film. Tetapi saya tidak akan bekerja.” kata Libin.

2. Tulis surat untuk orang tua pekerja

CEO Pepsi Co, Indra Nooyi mengatakan, dia memiliki kebiasaan untuk menulis surat kepada orang tua pekerjanya. Hal ini, menurut Nooyi, adalah sebagai bentuk apresiasi. Respons orang tua pekerja pun bisa ditebak. Mereka merasa dihargai dan mengucapkan banyak terima kasih pada Nooyi karena telah mempekerjakan anak mereka.

3. Buat rencana jauh ke depan

Kunci sukses lainnya datang dari CEO Nissan, Carlos Ghosn. Baginya, kunci sukses adalah memiliki jadwal kerja yang telah ditetapkan lebih dari satu tahun di muka. “Ini bukan hanya untuk saya, ini terutama untuk orang yang bekerja untuk saya. Mereka tahu kapan saya ada di Tokyo, Paris atau New York sehingga mereka dapat mengatur jadwal pertemuan,” kata Ghosn.

4. Lakukan hanya dengan ponsel

CEO Google, Larry Page mengatakan, kunci suksesnya adalah sebisa mungkin tidak menggunakan komputer dan hanya menggunakan ponsel. Hal ini juga dia dorong untuk dilakukan oleh para bawahannya. Hal ini menurut Page dilakukan agar perusahaan tetap fokus pada pengembangan ponsel yang lebih praktis dari pada komputer serta lebih memiliki prospek di masa depan.

5. Kegiatan berbeda setiap hari

Pembuat Twitter yang saat ini menjabat sebagai CEO Square, layanan pembayaran pada perangkat seluler, mengatakan bahwa kunci suksesnya adalah melakukan jenis pekerjaan yang berbeda setiap harinya. Senin adalah untuk manajemen, Selasa difokuskan untuk produk, Rabu untuk pemasaran dan komunikasi. “Ini menghasilkan irama yang baik untuk perusahaan.” kata Dorsey.

6. Masukkan catatan dalam buku harian

Chad Dickerson, CEO Etsy, perusahaan yang bergerak di bidang bisnis online, mengatakan bahwa setiap perusahaan harus memiliki sistem. Sistem tersebut disesuakan dengan kebutuhan perusahaan. Untuk dirinya, kunci suksesnya adalah selalu memasukkan catatan dalam buku hariannya yang berisi tentang nama orang yang baru saja mereka temui, mencatat dimana mereka bertemu dan apa yang mereka bicarakan. Hal ini untuk mengantisipasi hal apa yang akan dibicarakan jika bertemu lagi di lain hari- SOLIDGOLD

(http://bisnis.liputan6.com/)