Solid Gold – Kurang Gerak Anak Sulit Konsentrasi

PT SOLID GOLD BERJANGKA JAKARTA – Jangan buru – buru mengira anak menderita kelainan sikap atau ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder) hanya karena sulit berkonsentrasi pada pelajarannya di sekolah.

Bisa jadi bukan karena anak menderita kelainan atau malas belajar, melainkan ia terlalu terbebani pelajaran di sekolah, di rumah, atau bisa juga anak kurang bergerak.

Banyak klien yang datang pada saya dan mengeluhkan anaknya menderita kelainan, ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder) sering dijadikan kambing hitam, padahal setelah saya evaluasi, si anak hanya kurang bergerak atau kurang olahraga. “Ucap Roslina Verauli Psikolog Klinis”

Menurut Roslina Verauli, anak yang kurang gerak ternyata dapat mengalami kesulitan konsentrasi hingga sulit tidur. Akibatnya, saat di sekolah, anak bukan saja tidak bisa menerima pelajaran dengan baik. Melainkan akan bersifat agresif dan mengganggu lingkungan sekitarnya.

“Kalau sudah seperti ini, orang tua jangan malah menyuruh anak belajar duduk dan diam,” kata Vera. Tindakan terbaik saat ini untuk menyuruh anak belajar adalah prinsip “If We Run It Means We Learn”. Artinya, kata Vera, sudah bukan waktunya anak belajar dengan cara diam terlalu banyak.

Sebab anak zaman sekarang menghadapi masa belajar yang lebih panjang dibandingkan anak – anak zaman dulu. Jam belajar di sekolah di mulai dari pukul 7.00 sampai pukul 15,00. Belum lagi setelah itu ada yang mengikuti les atau ekstrakulikuler lain.

Sebuah penelitian psikolog, kata Vera, sudah membuktikan bila anak yang cukup bergerak akan lebih berkonsentrasi, lebih matang secara emosional, serta fokus terhadap materi pelajaran yang diterimanya. Bukan cuma itu, anak yang cukup bergerak ternyata memiliki mental sportif yang lebih baik.

“Karena itu penting bagi anak memiliki waktu bermain untuk bergerak, minimal satu jam sehari,” kata Vera. Ia sangat menghimbau, agar anak – anak menggunakan waktu istirahatnya di sela jam pelajaran seilah untuk bersantai dengan bermain. “Misalnya ada tiga kali waktu istirahat, biarkan anak bermain di luar kelas, jangan ada yang diam atau malah mengerjakan tugas,” katanya – SOLID GOLD BERJANGKA

Sumber : cantik.tempo.co