SOLID GOLD BERJANGKA JAKARTA – “Kebahagiaan adalah emosi dan perasaan. Optimisme adalah keyakinan akan masa depan,” kata Suzanne Segerstrom, profesor psikologi di Universitas Kentucky, Amerika Serikat, di CheatSheet. Berikut ini adalah efek baik dari optimisme dan berpikir positif :

1. Memperpanjang umur
Hidup lebih lama adalah hal yang bisa membuat kita bahagia. Perasaan positif bisa mempengaruhi suasana hati. Orang yang selalu optimistis, menurut Segerstrom, biasanya lebih mudah mencapai keinginan. Dan makin puas dan bahagia ia karena itu, kesehatan mental dan fisiknya pun akan makin baik, lebih baik dari orang yang pesimistis.

2. Lebih kebal terhadap penyakit
Aktivitas seperti meditasi atau menyanyi dinilai bisa membantu orang memerangi penyakit. Segerstrom melakukan penelitian lebih dalam dan mempelajari kaitan antara optimisme dan kekebalan tubuh. Ia melakukan penelitian terhadap 124 mahasiswa jurusan hukum.

Hasilnya, mahasiswa yang menunjukkan sikap optimistis, kekebalan tubuhnya juga meningkat dan lebih baik dari mereka yang pesimistis. Mereka yang optimistis biasanya tak mudah terserang flu, pusing, atau penyakit umum lainnya.

3. Menurunkan kadar kolesterol
Hasil penelitian yang dilakukan oleh jurusan kesehatan masyarakat di Universitas Harvard pada 2013 menunjukkan bahwa para peserta tes yang terlihat optimistis saat mengerjakan soal ternyata memiliki kadar kolesterol yang lebih rendah – SOLIDGOLD BERJANGKA