solid-goldberjangka.com – Kunjungan pendiri Facebook Mark Zuckerberg ke Candi Borobudur, Minggu, memperkuat promosi wisata tempat yang juga warisan peradaban dunia itu, kata Kepala Unit Manohara PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko Urip Nugroho.

Apalagi, Facebook telah mempublikasikan foto kunjungan Mark ke Borobudur saat menyongsong mentari pagi, dan mendapat banyak komentar positif dari penggunanya yang berasal dari berbagai negara.

Mark yang juga pejabat eksekutif tertinggi Facebook itu, katanya, menginap di Hotel Amanjiwo, sekitar tiga kilometer barat Candi Borobudur.

Pihaknya tidak melakukan penyambutan dan pengawalan khusus terhadap Mark saat berkunjung ke candi Buddha yang dibangun sekitar abad ke-8 masa Dinasti Syailendra itu.

Kesempatan menyaksikan matahari terbit dari puncak stupa Candi Borobudur biasanya mulai pukul 05.00 hingga 07.00 WIB.

Ia mengatakan, sejak tiga bulan terakhir cukup ramai wisatawan yang menyaksikan matahari terbit (sunrise) setiap hari, dari puncak stupa Candi Borobudur.

“Borobudur sunrise ramai dari Agustus, September, Oktober ini. Kalau Sabtu dan Minggu rata-rata malah bisa 150 sampai 200 wisatawan mancanegara dan nusantara yang naik setiap pagi. Hari ini (12/10) tercatat 123 wisatawan mancanegara dan 44 wisatawan nusantara. Apalagi, ini masih musim kemarau, jadi saat matahari terbit selalu terlihat dan bagus”

(antaranews.com)