Solid Gold Berjangka – Masak – Memasak Di Gunung Itu Nikmat

SOLID GOLD BERJANGKA JAKARTA – Berencana mendaki gunung untuk mengisi liburan kali ini? anda harus mempersiapkan barang – barang yang akan dibawa dengan baik, termasuk untuk urusan makanan.

Medan yang terjal dan perjalanan yang melelahkan mengharuskan tubuh anda harus tetap prima. Untuk itu, pasokan makanan yang mencukupi adalah syarat mutlak.

Membawa makanan jadi atau camilan saja tentu tak cukup. Memasak kerap kali jadi tuntutan selama kegiatan pendakian. Bisa dikatakan, dari semua aktivitas pendakian, kegiatan masa-memasak di gunung adalah hal yang paling nikmat.

Karenanya, perlengkapan memasak wajib ada dalam daftar bawaan untuk pendakian. Bahkan, hangatnya kopi di ketinggian pun tak akan bisa terwujud tanpa ada peranti memasak dalam daftar bawaan.

Namun, peranti memasak dalam perjalanan pendakian tidak sama dengan yang dipakai sehari-hari di rumah. Jika belum punya, anda bisa mendapatkannya di outlet-outlet ourdoor terdekat.

Berikut ini perlengkapan memasak yang perlu dibawa saat melakukan kegiatan outdoor :

Kompor

Memasak dengan kayu bakar memang dapat dilakukan, tapi sangat sulit dilakukan di ketinggian gunung. Sebaiknya, bawa kompor yang praktis, seperti kompor parafin atau yang lebih praktis adalah kompor gas portable. Ukurannya yang kecil memudahkan pengemasan.

Membeli kompor gas portable biasanya sudah mencakup satu tabung kecil gas. Namun, ada baiknya anda juga membawa cadangan tabung gas khusus kompor

Biasanya membeli kompor gas tersebut sudah sepaket dengan gas. Sebaiknya, anda juga harus membawa gas cadangan. Gas berbentuk tabung ini, memang dibuat secara khusus untuk kompor portable. Pemakaiannya mudah, tinggal colok tabung gas dan nyalakan kompor.

Nesting

Alat ini sering disamakan dengan panci. Akan tetapi, para pendaki biasa menyebutnya nesting. Fungsinya beragam, tetapi semua berkaitan dengan urusan masak-memasak di luar ruangan. Sebagai wadah untuk memasak, pilih nesting yang kecil dan praktis.

Nesting pada umumnya terbuat dari bahan alumunium. Bentuknya kotak dan mempunyai 3-4 rangkap. Desain yang dibuat secara khusus inilah yang memudahkan anda mengemas bawaan hingga penggunaannya di alam bebas.

Pisau dan sendok lipat

Alat multifungsi ini banyak variannya. Sebaiknya, pilih saja pisau lipat yang sekaligus ada sendok dan garpu di dalamnya. Bayangkan, semua keperluan hanya dalam satu genggaman tangan anda. Efisien bukan?

Piring dan cangkir

Biasanya para pendaki sering melupakan dua peranti ini, piring dan cangkir. Meskipun bisa saja makan dan minum langsung dari nesting, tak semua orang dalam kelompok pendakian bisa nyaman dengan cara itu.

Karena itu, lebih baik bawa piring dan cangkir plastik. Selain mudah ditaruh dalam tas, bahan plastik tidak mudah pecah. Pastikan, jangan membuang sampah plastik termasuk piring dan cangkir ini di lokasi pendakian.

Selamat mendaki! – PT SOLID GOLD BERJANGKA

Sumber : travel.kompas.com